In-depth

Menyingkap Kualitas Fabio Lopez, Eks AS Roma yang Ingin Gantikan Julio Banuelos Melatih Persija

Minggu, 15 September 2019 13:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Fabio Lopez, eks AS Roma yang ingin gantikan Julio Banuelos melatih Persija. Copyright: © INDOSPORT
Fabio Lopez, eks AS Roma yang ingin gantikan Julio Banuelos melatih Persija.

INDOSPORT. COM - Fabio Lopez, juru taktik eks AS Roma ini belakangan muncul sebagai nama calon pengganti Julio Banuelos untuk mengisi kursi kepelatihan Persija Jakarta.

Kondisi terkini Persija Jakarta memang sedang di ambang pergantian pelatih. Julio Banuelos yang kini masih menjabat, terancam didepak lantaran rentetan hasil buruk Persija Jakarta dalam mengarungi Liga 1 2019.

Persija Jakarta sudah mengalami puasa kemenangan sejak Liga 1 2019 pekan ke-16 lalu. Terakhir kali skuat Macan Kemayoran bisa meraih tiga poin adalah 20 Agustus 2019, tepatnya kala mengandaskan Kalteng Putra dengan skor 3-0.

Posisi Persija Jakarta di tabel klasemen sementara Liga 1 2019 juga mengenaskan. Berstatus juara bertahan, Persija Jakarta malah terdampar di zona degradasi.

CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus, dipastikan bakal mengambil sebuah kebijakan tegas jika prestasi klubnya tak membaik. Andai Persija Jakarta masih meraih hasil mengecewakan pada laga kontra PSIS Semarang, Minggu (15/09/19) sore nanti, Ferry Paulus mau tidak mau harus melengserkan jabatan Julio Banuelos.

Kabar terkait Persija Jakarta, ternyata sudah didengar oleh pelatih jebolan AS Roma, Fabio Lopez. Juru taktik asal Italia yang pada awal 2019 sempat menangani Borneo FC, mengaku tertarik untuk menduduki kursi kepelatihan Persija Jakarta.

Fabio Lopez merasa sangat terhormat bila bisa melatih klub besar seperti Persija Jakarta. Bahkan, Fabio Lopez siap membicaran soal perjanjian kontrak jika Persija Jakarta tertarik memakai jasanya.

"Jika Persija memang menginginkan, saya akan bersedia mendiskusikan itu (kontrak). Akan menjadi sebuah kehormatan jika bisa melatih klub besar seperti mereka," ucap Fabio Lopez kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.com.

Boleh saja Fabio Lopez mengutarakan harapannya melatih Persija Jakarta. Namun, apakah kualitas Fabio Lopez mumpuni untuk mengemban jabatan tersebut?

Penggambaran Kualitas Fabio Lopez

© Borneofc.id
Mantan pelatih Borneo FC, Fabio Lopez. Copyright: Borneofc.idFabio Lopez

Reputasi Fabio Lopez terbilang cukup berkilap. Ada nama tim elite Italia , AS Roma yang pernah menjadi bagian dalam karier kepelatihannya.

Pada 2000 hingga 2004 silam, Fabio Lopez menjabat sebagai pelatih kepala tim muda AS Roma. Pengalamannya di AS Roma tentu membuatnya mengerti betul cara membentuk permainan yang setara dengan level sepak bola Eropa.

Fabio Lopez mungkin juga merupakan pelatih yang jeli dalam mengembangkan bakat pemain muda. Selain AS Roma, Fabio Lopez pernah pula bekerja sama dengan para bakat potensial di, Atalanta dan Fiorentina.

Semasa berkarier di dua tim top Italia itu, Fabio Lopez diberi jabatan sebagai pemandu bakat. Ia bertugas untuk mencari bibit-bibit muda terbaik yang ke depannya bisa dikembangkan menjadi talenta luar biasa.

Kualitas rekam jejak karier Fabio Lopez makin mewah lagi apabila melihat lisensi yang dipegangnya. Data dari situs Transfermarkt menuliskan bahwa Fabio Lopez memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Sayangnya, hanya sebatas itu saja kecemerlangan kualitas Fabio Lopez di level sepak bola Eropa. Selebihnya, Fabio Lopez hanya pernah menangani tim gurem asal Lithuania, Banga Gargzdai dan Siauliani.

Fabio Lopez belakangan malah lebih sering menjalani karier bersama klub-klub Asia. Mulai dari kancah sepak bola Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Oman, hingga Arab Saudi, semuanya pernah dirasakan oleh Fabio Lopez.

Khusus kancah sepak bola Indonesia, ada dua klub yang pernah dibesut Fabio Lopez, yakni PSMS Medan (2011-2012), dan Borneo FC (2019). Namun, prestasi Fabio Lopez bersama klub-klub Indonesia itu nampak kurang mengesankan.

PSMS Medan pada Indonesia Premier League musim 2011/12, dibawa Fabio Lopez menempati juru kunci klasemen dan terdegradasi. Sementara, kala bersama Borneo FC, Fabio Lopez sudah diberhentikan saat masih menjalani masa pramusim.

Kurang lebih seperti itulah penggambaran kualitas Fabio Lopez dalam melatih. Reputasi cemerlangnya bersama klub-klub Italia, selalu gagal menemui kesuksesan kala berkarier di Indonesia. Persija Jakarta berminat?