Bola Internasional

Profil Assalam FC, Tim Timor Leste yang Ingin Beli Klub Indonesia Demi Main di Liga 1

Senin, 16 September 2019 15:37 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Wikipedia
Profil Singkat Assalam FC, Tim dari Timor Leste yang Ingin Beli Klub Indonesia Copyright: © Wikipedia
Profil Singkat Assalam FC, Tim dari Timor Leste yang Ingin Beli Klub Indonesia

INDOSPORT. COM - Assalam FC belakangan namanya mencuat sebagai tim sepak bola dari Timor Leste yang ingin membeli klub Indonesia.

Bagi Assalam FC, sepak bola Indonesia bukanlah sesuatu hal yang asing. Assalam FC pada kebijakan transfer pemainnya saja sering kali mendatangkan pemain-pemain Indonesia.

Musim ini saja, Assalam FC sudah memunyai dua pemain Indonesia sekaligus. Assalam FC merekrut Julian Mancini Malewa serta gelandang Saddam Sudarma Hendra.

Assalam FC ternyata ingin membangun hubungan yang lebih jauh dengan pentas sepak bola Indonesia. Kabar teranyar, Assalam FC sedang menjalin kerjasama dengan Persela Lamongan.

"Assalam FC memiliki hubungan baik dengan Persela Lamongan. Kami ingin menjaga budaya klub yang selalu menggunakan pemain Indonesia, salah satunya dengan membeli dari Persela U-20," ucap Sultan Rarana, salah satu delegasi Assalam FC kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.com.

Bahkan, Assalam FC mulai mengambil ancang-ancang untuk membeli klub Indonesia. Kebijakan membeli klub Indonesia merupakan bagian dari rencana Assalam FC untuk mentas di kompetisi Liga 1.

"Tentu saja (gabung ke Liga 1), Indonesia adalah negara muslim dan seperti yang Anda tahu kami adalah tim sepak bola muslim jadi menarik bagi kami,"

"Tetapi jika kami tidak bisa (gabung Liga 1), tidak mustahil jika presiden kami membeli klub sepak bola di Indonesia. Jika hal ini terjadi mungkin kita memiliki Assalam Indonesia di masa depan," tambahnya.

Mungkin nama Assalam FC masih terdengar kurang familiar di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Bagi yang ingin mengenalnya lebih jauh, berikut INDOSPORT coba memberikan ulasan tentang profil singkat Assalam FC.

Prestasi

Assalam FC sepertinya merupakan klub yang cukup berprestasi di Timor Leste sana. Bukti nyatanya bisa terlihat di gelaran musim lalu, Assalam FC hampir saja meraih status double winner.

Pada tahun 2018, Assalam FC berlaga di kompetisi kasta kedua sepak bola Timor Leste, Segunda Divisao. Hebatnya, Assalam FC mampu mengakhiri musim tersebut dengan gelar juara.

Berkat gelar juara Segunda Divisao, Assalam FC pun berhak mendapatkan tiket promosi ke kasta tertinggi, Liga Futebol Amadora Primeira Divisao pada tahun 2019. Hebatnya, meski berstatus tim promosi, Assalam FC kini mampu bersaing di daftar papan atas, dengan menempati posisi tiga klasemen.

Assalam FC musim lalu sebenarnya bisa saja menggandakan gelarnya. Lolos ke partai final Taca 12 de Novembro, Assalam FC kalah 2-3 dari rivalnya, Ultramar.

Pemain Bintang

Menjadi tim yang punya prestasi mentereng, skuat Assalam FC tentunya diisi oleh para pemain bintang. Pada gelaran Liga Futebol Amadora Primeira Divisao 2019, Assalam FC diisi oleh lima bintang asing sekaligus, yakni Boateng (Ghana), Daniel Adadi (Ghana), Julian Mancini (Indonesia), Saddam Sudarma (Indonesia), dan Helmi Sandi (Indonesia).

Ada satu nama pemain asing Assalam FC yang begitu bersinar musim ini, yakni Daniel Adadi. Hingga pekan ke-12, Daniel Adadi mampu memuncaki daftar top skor kompetisi dengan torehan 10 gol.

Andai Daniel Adadi mampu menjaga konsistensi penampilannya hingga akhir musim, bukan mustahil Assalam FC akan meraih prestasi gemilang. Maklum saja, Assalam FC kini menempati posisi tiga klasemen sementara Liga Futebol Amadora Primeira Divisao 2019, atau hanya berjarak lima poin dari tim pemuncak, Lalenok United.

Kepengurusan Klub

Assalam FC, sebagai klub sepak bola Timor Leste jelas dikelola secara profesional. Ada struktur kepengurusan klub yang tertata, mulai dari pemilik klub hingga manajer.

Soal pemilik klub, Assalam FC dipimpin oleh seorang bernama Ipolito Soares. Sementara untuk posisi manajer, ada dua orang yang mengisinya, yakni Jamaluddin Soares dan Sultan Rarana.

Assalam FC sendiri pertama kali lahir menghiasi pentas sepak bola Timor Leste pada 2008 silam. Berjuluk The Green Troops, Assalam FC memakai Estadio Municipal, Dili, sebagai markas kebesarannya.