Liga Indonesia

Menang Atas PSIS, Benarkah Posisi Julio Banuelos Sudah Aman di Persija Jakarta?

Senin, 16 September 2019 19:59 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (15/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (15/09/19).

INDOSPORT.COM – Persija Jakarta akhirnya berhasil meraih kemenangan atas PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1, tapi apakah itu artinya posisi Julio Banuelos sebagai pelatih sudah benar-benar aman?

Sebelumnya posisi Julio Banuelos sebagai pelatih Persija Jakarta sempat digoyang isu pemecatan usai tim Macan Kemayoran terdampar di zona degradasi.

Posisi di zona degradasi sendiri tak lepas dari hasil buruk Persija yang hanya mampu menang sekali dalam 9 laga terakhir di Liga 1.

Satu-satunya kemenangan didapat Persija terjadi atas Kalteng Putra saat bermain di kandang sendiri. Sisanya, Persija Jakarta hanya mampu meraih hasil 5 kali imbang dan sisanya kalah yang sontak membuat posisi Julio Banuelos sempat digoyang jelang duel melawan PSIS.

Beruntung bagi Julio Banuelos karena ternyata Persija Jakarta akhirnya berhasil mendapatkan kemenangannya lagi dengan mengalahkan PSIS Semarang. Posisi Julio Banuelos pun menjadi aman lagi sekarang sebagai pelatih tetap Persija Jakarta.

Akan tetapi jika kita kulik lebih jauh sesungguhnya posisi Julio Banuelos masihlah belum aman. Alasannya, Persija Jakarta masih berada di papan bawah dengan posisi 15 dalam klasemen sementara Liga 1 2019.

Lalu, dalam kemenangan atas PSIS Semarang di kandang sendiri, itu diraih dengan susah payah. Di akhir laga PSIS Semarang berkali-kali mengancam dan nyaris membuat skor menjadi 2-2.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Joan Tomas berusaha merebut bola dari pemain PSIS Semarang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJoan Tomas berusaha merebut bola dari pemain PSIS Semarang.

Terlebih sisa laga Persija Jakarta terbilang cukup berat baik itu di laga kandang (Bali United, Borneo FC, Tira-Persikabo, Madura United, dan Persebaya Surabaya) maupun tandang (Borneo FC, PSM Makassar, Persib Bandung dan Arema FC).

Itu artinya ujian bagi Julio Banuelos masih akan terus berlanjut hingga akhirya Persija Jakarta dapat kembali ke papan atas atau setidaknya papan tengah. Andai Persija Jakarta masih berada di papan bawah, bukan tidak mungkin posisi Julio Banuelos akan digoyang lagi.

Tapi di sisi lain, situasi sulit yang tengah dialami Persija Jakarta dapat dijadikan motivasi oleh Julio Banuelos. Ia bisa berkaca pada kesuksesan Stefano Cugurra Teco saat menangani Persija Jakarta di Liga 1 2017.

Saat itu, Persija Jakarta juga mengalami masa krisis sebelum akhirnya Teco mampu membawa Persija Jakarta bangkit di akhir Liga 1 2017. Lalu di musim selanjutnya seperti yang kita tahu, Persija Jakarta akhirnya berhasil menjadi juara Liga 1 2018 bersama Teco.

Bukan tidak mungkin apabila Julio Banuelos mampu menyelamatkan sisa musim Persija Jakarta dengan berada di papan atas, bisa saja tim Macan Kemayoran dapat bangkit menjadi pesaing untuk juara Liga 1 2020.