In-depth

Kisah Manis Bruno Silva, Awalnya Gegar Otak hingga Moncer di Liga 1 2018

Senin, 16 September 2019 15:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Twitter/@psisofficial
Selebrasi striker PSIS Semarang Bruno Silva usai cetak gol ke gawang Persib Bandung di Liga 1, minggu (18/11/18). Copyright: © Twitter/@psisofficial
Selebrasi striker PSIS Semarang Bruno Silva usai cetak gol ke gawang Persib Bandung di Liga 1, minggu (18/11/18).

INDOSPORT.COM - Pada hari terakhir bursa transfer putaran kedua Liga 1 2019, PSIS Semarang resmi memperkenalkan striker asal Brasil, Bruno Silva pada Senin (16/09/19) sore.

Diperkenalkan di Balaikota Semarang pada hari Senin, acara tersebut dihadiri oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dan CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi.

Yoyok mengatakan bahwa Bruno Silva telah resmi menjadi bagian Laskar Mahesa Jenar dan akan segera bergabung dengan rekan-rekannya di Magelang.

"Bruno telah resmi bergabung dengan kami, hadirnya dia bisa menambah pilihan pelatih di lini depan. Dia akan kami kontrak selama 1,5 musim sampai akhir 2020," ujar CEO PSIS Yoyok Sukawi.

PSIS Semarang memang dinilai membutuhkan pemain berkepala plontos ini untuk menambah tenaga pemain asing di lini depan. Dan akhirnya di hari terakhir sebelum bursa transfer ditutup, semua terjawab.

Setelah kabar resmi Bruno Silva kembali berseragam PSIS Semarang, menarik untuk dikenang kiprah pemain berusia 28 tahun itu di Liga 1 2018 musim lalu yang sempat mengalami gegar otak.

Sebelum Moncer, Bruno Silva Alami Gegar Otak

© Twitter/@psisofficial
Striker PSIS Semarang Bruno Silva saat merayakan gol ke gawang PS TIRA, Rabu (17/10/18). Copyright: Twitter/@psisofficialStriker PSIS Semarang Bruno Silva saat merayakan gol ke gawang PS TIRA, Rabu (17/10/18).

Ya, Bruno Silva merupakan salah satu pemain asing yang langsung merasakan kerasnya pertandingan sepak bola di Liga Indonesia padahal dirinya baru saja datang.

Itu terjadi saat PSIS Semarang mengikuti kompetisi pra musim Piala Gubernur Kaltim 2018. Pada laga pertama, PSIS Semarang harus menjamu tim kuat Arema FC di Stadion Palaran Samarinda.

Sayangnya, striker anyar tim Laskar Mahesa Jenar yang bernama Bruno Silva harus menjadi 'tumbal' dari ketatnya pertahanan Arema FC yang saat itu dipimpin oleh Arthur Cunha.

PSIS Semarang tengah dalam posisi unggul 2-1 melawan Arema FC. Namun, kejadian fatal tersebut terjadi tepatnya di menit ke-81. Bruno Silva tengah berlari sendirian mengejar bola dan tinggal berhadapan langsung dengan kiper lawan.

Namun, bek Arema, Arthur Cunha, tiba-tiba datang dan menendang kaki dari penyerang anyar PSIS Semarang tersebut. Bruno akhirnya terkapar di lapangan. Dari tayangan ulang, terlihat jelas jika kepala pemain asal Brazil itu menyentuh tanah terlebih dulu.

Karena tak sadarkan diri, eks pemain Botafogo ini langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Untungnya, pesepakbola berusia 31 tahun itu siuman dan dapat berkomunikasi seperti biasa.

Menurut pengakuan rumah sakit, Bruno Silva mengalami gegar otak ringan akibat kepalanya lebih dulu menyentuh tanah. Bruno Silva sempat harus mengenakan penyangga leher saat itu.

Bruno Silva Mesin Gol PSIS Semarang di Liga 1 2018

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Bruno Silva, pemain PSIS Semarang. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTBruno Silva, pemain PSIS Semarang.

Namun insiden mengerikan yang terjadi di pra musim itu tak menyurutkan Bruno Silva untuk unjuk gigi di kompetisi resmi, yakni Liga 1 2018 bersama PSIS Semarang.

Di awal kariernya bersama PSIS Semarang, Bruno Silva ternyata tidak langsung moncer. Dirinya bahkan tak mencetak gol satu pun dalam tiga laga perdana PSIS Semarang di Liga 1 2018 lalu.

Barulah pada pekan ke-4 Liga 1 2018, Bruno Silva tiba-tiba moncer dengan langsung mencetak hattrick dan satu assist saat PSIS menang telak 4-1 atas PSMS Medan pada April 2018 lalu.

Tapi Bruno Silva kembali ke masa paceklik gol bersama PSIS Semarang hingga pada pekan ke-11, tepatnya pada tanggal 28 Mei 2018, dia kembali cetak satu gol dan satu assist saat PSIS mencukur Mitra Kukar dengan skor 4-0.

Karena Bruno Silva belum menemukan penampilan terbaiknya di paruh pertama Liga 1 2018, PSIS pun harus puas hanya berkutat di zona degradasi klasemen sementara.

Namun kebangkitan PSIS Semarang terjadi di putaran kedua seiring Bruno Silva yang tiba-tiba moncer. Terjadi sejak pekan ke-21 Liga 1 2018, di mana PSIS Semarang memulai era kebangkitan mereka.

Total 14 pertandingan hingga Liga 1 2018 berakhir, Bruno Silva hampir di semua laga mampu mencetak gol. Dari 14 penampilan, dirinya hanya empat pertandingan tanpa mencetak gol untuk PSIS Semarang.

Bahkan dalam lima laga beruntun dari pekan ke-29 hingga pekan ke-33, Bruno Silva selalu mencetak gol. Lima laga beruntun, dia sukses mencetak enam gol dan tentunya ini raihan yang sulit disamai oleh striker asing lain di era Liga 1.

Total hingga akhir musim Liga 1 2018, Bruno Silva menyumbang sebanyak 16 gol dan 10 assist untuk PSIS Semarang. Tapi sayang sekali, pada awal 2019, PSIS Semarang harus melepas Bruno Silva yang hijrah ke klub Arab Saudi, Al-Ain.

Tidak sampai setahun meninggalkan sepak bola Indonesia, Bruno Silva kembali menerima pinangan PSIS Semarang di bursa transfer putaran kedua Liga 1 2019. Kini, ketajamannya di depan gawang lawan sangat dinantikan publik sepak bola Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%