Bola Internasional

Bukan Iniesta dan Torres, Pemain Thailand Ini Berhasil Bawa Liga Jepang Mendunia

Kamis, 19 September 2019 14:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© the-afc.com
Chanathip Songkrasin harus mundur dari Timnas jelang Piala Raja Thailand 2019. Copyright: © the-afc.com
Chanathip Songkrasin harus mundur dari Timnas jelang Piala Raja Thailand 2019.

INDOSPORT.COM – Popularitas J League atau Liga Jepang semakin mendunia bukan karena sejumlah pemain top Eropa sekelas Andres Iniesta, Davil Villa dan Fernando Torres, melainkan karena pemain asal Thailand, Chanathip Songkrasin.

J League semakin menunjukkan taringnya di kancah sepak bola dunia selama tujuh tahun terakhir, dengan sejumlah tim mampu menunjukkan keberhasilan yang signifikan.

Tak pelak, popularitas J League pun membaik. Nama-nama beken di sepak bola Eropa tertarik berkarier di Negeri Sakura, sebut saja legenda Barcelona, David Villa dan Andres Iniesta dan legenda AC Milan, Fernando Torres.

Namun, seperti dilansir dari Japan Times, bukan ketiga nama itu yang membuat Liga Jepang mendunia, melainkan striker asal Thailand, Chanathip Songkrasin.

“Ini sebuah gebrakan hebat saat Chanathip Songkrasin pindah ke Sapporo, tidak hanya di Thailand, tetapi di seluruh Asia, karena ini transfer terbesar dari Thailand ke negara yang berbeda,” jelas Kei Koyama, perwakilan dari J League.

“Sekarang kami memiliki halaman resmi di Facebook berbahasa Thailand dengan 450 ribu pengikut, hampir dua kali lipat dari akun Jepang,” jelasnya.

Popularitas Chanathip Songkrasin tidak diragukan lagi di Thailand. Lahir di Nakhon Pathom, Thailand pada 25 tahun yang lalu, Songkrasin tumbuh dan berkembang menjadi pesepak bola berbakat bagi negaranya.

Saking berbakatnya, Chanathip Songkrasin bahkan sempat disamakan dengan Lionel Messi. Pemain berjuluk ‘Messi Thailand’ itu diberkahi kelincahan yang mirip seperti kancil, dribel dan visi bermainnya begitu aduhai.

Meninggalkan Muanthong United, Songkrasin resmi berseragam tim promosi J League, Hokkaido Consadole Sapporo, pada tahun 2016.

Setelah menghabiskan satu setengah tahun sebagai pemain pinjaman, Songkrasin akhirnya resmi menjadi pemain anyar Sapporo lewat kesepakatan kontrak permanen Juli 2017.

Songkrasin bukan satu-satunya pemain Thailand yang menjadi topic utama di tanah kelahirannya. Enam pemain Thailand saat ini masuk ke klub J. League, termasuk bek sayap Yokohama F. Marinos Theerathon Bunmathan dan bek Oita Trinita, Thugas Puangchan.

Tentunya, kehadiran para pemain Thailand ini tak kalah populernya dengan Andres Iniesta, Fernando Torres dan David  Villa. Mereka mampu membawa J League semakin diperhitungkan oleh sepak bola dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%