Liga Indonesia

Harapan Tinggi Eks Persipura Jayapura untuk Menpora yang Baru

Kamis, 19 September 2019 11:04 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Dok Pribadi Marwal Iskandar
Legenda Sepak Bola Indonesia, Marwal Iskandar saat berfoto bersama Legenda Sepak Bola Jerman, Gerald Asamoah Copyright: © Dok Pribadi Marwal Iskandar
Legenda Sepak Bola Indonesia, Marwal Iskandar saat berfoto bersama Legenda Sepak Bola Jerman, Gerald Asamoah

INDOSPORT.COM - Kasus korupsi menjerat Menteri Olahraga dan Pemuda (Menpora), Imam Nahrawi, mengundang perhatian legenda sepak bola Indonesia, Marwal Iskandar. Legenda Persipura Jayapura ini pun lantas mengungkapkan harapannya agar olahraga Indonesia nantinya dapat dipimpin oleh orang yang paham dengan seluk beluk olahraga dan mengedepankan kejujuran.

Pasalnya, Marwal berpendapat jika mengurusi olahraga di Indonesia tak semudah berbicara, tapi juga harus diimbangi dengan tindakan.

Apalagi menurutnya, Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah geografis yang cukup luas dengan 34 provinsi dan jumlah penduduk 267 juta jiwa.

"Ini tidak gampang, karena wilayah Indonesia sangat luas, tapi siapapun dia yang jadi pemimpin nantinya harus mengetahui struktur organisasi yang baik dan memahami betul tentang olahraga," ujarnya kepada awak berita olahraga INDOSPORT.com, Kamis (19/9/19).

"Mereka harus serius dan jujur saat menjadi pemimpin nanti, bukan hanya sekadar orang pintar dan bukan sekadar tunjuk-tunjuk saja. Tapi kita juga harus lihat kredibilitas, kapabilitas dia dan harus mampu bekerja untuk memajukan olahraga Indonesia," sambungnya.

Eks pemain Persipura Jayapura dan Persija Jakarta ini menegaskan, jika usia dan golongan bukanlah faktor utama dalam menentukan siapa yang layak untuk menggantikan Imam Nahrawi nantinya. Tapi yang terpenting, sosok tersebut dapat mengelola olahraga Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.

"Jangan lihat usia, mungkin jika usianya lebih muda dia lebih peduli dan memahami olahraga Indonesia lebih bagus," imbaunya.

"Semoga saja Menpora yang baru ini dapat melanjutkan program positif dari Menpora kemarin. Dan kalau bisa melebihi dari apa yang sudah dilakukan kemarin," tutup Marwal Iskandar.