Bola Internasional

Indonesia Satu Grup Bersama Portugal dan Brasil di Piala Dunia Junior

Kamis, 19 September 2019 14:00 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Danone Nations Cup
Indonesia akan kembali berlaga di gelaran Danone Nations Cup 2019. Copyright: © Danone Nations Cup
Indonesia akan kembali berlaga di gelaran Danone Nations Cup 2019.

INDOSPORT.COM – Indonesia kembali ambil bagian dalam ajang Danone Nations Cup (DNC) 2019 yang akan diadakan di RCDE Stadium, Barcelona, Spanyol. DNC yang bertajuk World Finals Spain 2019 ini sendiri akan digelar pada 12 Oktober mendatang.

Format Danone Nations Cup tahun ini terbilang cukup unik. DNC akan mempertandingkan dua kelompok umur yang berbeda, yakni kelompok tim yang lolos pada 2018 (U-12) dan 2019 (U-10).

Indonesia 2018 (U-12) berada di grup C dan diwakili oleh sekolah sepak bola asal Jakarta, ASIOP Apacinti. ASIOP berada satu grup bersama Portugal (Sacavenense), Brasil (Colegio Amorim), Bulgaria (PFK Beroe Stara Zagora), dan Afrika Selatan (Nomlinganiselo).

Sedangkan, Indonesia 2019 (U-10) akan diwakili oleh FOSSBI Rajawali Muda. Mereka berada dalam grup D bersama Jerman, Portugal (Sacavenense), Hungaria, dan Tunisia (Esperance Sportive de Tunis).

Selain putra, turnamen yang dianggap sebagai Piala Dunia junior ini juga mempertandingkan kategori putri. Namun, Indonesia tidak ambil bagian dalam kategori ini. Negara yang berpartisipasi di kategori putri merupakan negara dengan sepak bola wanita yang kuat seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Danone Nations Cup (@danonenationscup) on

Danone Nations Cup sendiri merupakan turnamen bibit pesepak bola muda yang menghasilkan banyak pemain top. Beberapa di antaranya ialah Alexandre Lacazette (2003), Phil Jones (2003), Granit Xhaka (2004), dan Erik Lamela (2004). Tak hanya itu, gelandang Persib Bandung yakni Dedi Kusnandar juga merupakan jebolan ajang ini.

Berbicara mengenai kiprah Indonesia di Danone Nations Cup sebelumnya (2017), anak muda Tanah Air terbilang mampu bersaing. Indonesia menempati peringkat kedelapan dan merengkuh gelar top skorer atas nama Satria Febrian Putra.