In-depth

Kieran Trippier, Penghancur Asa Kemenangan Juventus di Liga Champions 2019/20

Kamis, 19 September 2019 08:18 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Angel Martinez/Getty Images
Kieran Trippier melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya saat pertandingan Atletico Madrid vs Juventus, Kamis (19/09/19) dini hari tadi. Copyright: © Angel Martinez/Getty Images
Kieran Trippier melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya saat pertandingan Atletico Madrid vs Juventus, Kamis (19/09/19) dini hari tadi.

INDOSPORT.COM - Salah satu pemain yang paling bersinar dari pertandingan Juventus vs Atletico Madrid di Liga Champions, Kamis (19/09/19) dini hari tadi, adalah Kieran Trippier.

Kieran Trippier tampil sangat trengginas dari posisinya sebagai bek kanan Atletico Madrid saat dia memupus asa kemenangan Juventus di pertandingan perdana Grup D Liga Champions 2019/20.

Dimainkan di Stadion Wanda Metropolitano, Atletico Madrid harus rela kebobolan lebih dulu dua gol oleh Juventus. Juan Cuadrado dan Blaise Matuidi mencetak keunggulan 2-0 Juventus di kandang lawan.

Namun 20 menit terakhir pertandingan, Atletico Madrid mulai menguasai permainan dengan mencetak gol balasan lewat Stefan Savic di menit ke-70.

Kedudukan sebenarnya masih 2-1 hingga waktu pertandingan akan berakhir. Tapi tepat pada menit ke-90, Hector Herrera berhasil menyamakan skor berkat umpan dari Trippier.

Pemain yang bernama Trippier ini sangat menarik untuk dibahas, karena penampilannya bersama Atletico Madrid sejak pindah dari Tottenham Hotspur di bursa transfer musim panas 2019.

Bahkan beberapa statistik dalam pertandingan Atletico Madrid vs Juventus menunjukkan Trippier memiliki peran penting dalam keberhasilan mereka tak kalah di kandang sendiri.

Keberhasilan Debut Trippier di Liga Champions bersama Atletico

© Instagram Bleacher Report
Kierran Trippier resmi ke Atletico Madrid Copyright: Instagram Bleacher ReportKierran Trippier resmi ke Atletico Madrid

Permainan Atletico Madrid di babak pertama pertandingan dini hari tadi memang benar benar tidak bagus. Mereka banyak diserang oleh Juventus dari semua sisi lapangan, entah itu sayap atau pun tengah.

Begitu juga dengan Trippier yang memang tak begitu terlihat di babak pertama pertandingan Atletico Madrid vs Juventus. Tapi babak kedua, seiring permainan tim yang membaik, bek asal Inggris itu juga mulai unjuk kehebatan.

Bahkan pada menit ke-74, Trippier melakukan satu blocking yang sangat penting untuk Atletico Madrid. Dia berada tepat di garis saat Jan Oblak meninggalkan gawangnya. Jika tidak ada Trippier, Matuidi bisa saja kembali cetak gol dan membuat skor menjadi 3-1 saat itu.

Lalu tepat pada menit ke-90, Trippier berhasil menyumbang satu assist yang berbuah gol untuk Atletico Madrid. Saat sepakan pojoknya berhasil disambut dengan baik oleh Hector Herrera dan jadi gol untuk Atletico.

Berkat gol tersebut, Atletico Madrid setidaknya tak dipermalukan di kandang sendiri oleh Juventus. Sebaliknya, Juventus yang tadinya unggul 2 gol, harus tertunduk lesu saat pertandingan berakhir.

Penampilan Trippier di sisi kanan formasi 4-4-2 Diego Simeone dini hari tadi memang sangat memukau. Bahkan situs penyedia statistik pertandingan, Whoscored memberikan nilai sebesar 8,4 untuk Trippier.

Dengan permainan tim yang sempat tampil buruk di babak pertama, statistik melakukan sekali dribel sudah sangat bagus dan bahkan itu berhasil dilakukan dengan baik oleh Trippier.

Trippier juga tercatat berhasil melakukan clearances (mengamankan lini pertahanan) saat kemelut terjadi di kotak penalti Atletico Madrid. Salah satunya adalah saat dia melakukan blocking tendangan Matuidi ke gawang yang kosong.

Tingkat akurasi umpan Trippier juga menjadi salah satu yang tertinggi. Dengan persentase 82%, bek Timnas Inggris itu berhasil melepaskan 54 umpan sukses dari total 66 kali. Dia juga menjadi pemain paling banyak yang melepaskan key passes di pertandingan tadi, sebanyak tujuh kali.

Key passes sendiri punya artian merupakan pemain yang melakukan umpan terakhir untuk rekan setimnya melakukan shot on goal. Sebanyak tujuh kali key passes, berarti bisa dikatakan Trippier punya peran utama dalam serangan tim.

Karena penampilan gemilang Trippier, Juventus pun harus rela hanya membawa pulang satu poin dari markas Atletico Madrid di laga perdana Grup D Liga Champions 2019/20 dini hari tadi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%