Liga Indonesia

Jebolan Liga Jepang, Ini 3 Fakta Edson Tavares Sang Calon Pelatih Anyar Persija Jakarta

Jumat, 20 September 2019 14:04 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© https://www.instagram.com/yokohamafc_official/ - INDOSPORT
Edson Tavares, pelatih yang dikaitkan gabung Persija Jakarta Copyright: © https://www.instagram.com/yokohamafc_official/ - INDOSPORT
Edson Tavares, pelatih yang dikaitkan gabung Persija Jakarta

INDOSPORT. COM - Edson Tavares, juru taktik asal Brasil ini tiba-tiba namanya muncul dan dikaitkan sebagai nama calon pelatih anyar Persija Jakarta.

Isu terkait Edson Tavares muncul dan beredar di media sosial. Khususnya bila melihat unggahan akun Instagram @indos.transfer pada hari Jumat (20/09/19).

Melalui fitur Insta Story, akun @indos.transfer mengunggah foto Edson Tavares yang sedang duduk di bangku cadangan pemain. Unggahan juga disertai tulisan yang menyebut kalau Edson Tavares kini sedang dikaitkan dengan Persija Jakarta.

"Persija Jakarta dikaitkan dengan pelatih asal Brasil, Edson Tavares," tulis akun @indos.transfer pada fitur Insta Story.

Persija Jakarta sendiri kini memang sedang membutuhkan pelatih baru. Maklum saja, pasca kekalahan dalam laga Liga 1 2019 Kamis (19/09/19) kemarin, manajemen Persija Jakarta  langsung memecat pelatihnya, Julio Banuelos.

Menanggapi isu itu, mungkin masih banyak pecinta sepak bola Indonesia ataupun Jakmania yang masih asing dengan nama Edson Tavares. Demi lebih mengenalnya, redaksi berita olahraga INDOSPORT lantas coba membuat ulasan tentang fakta-fakta Edson Tavares ke dalam rangkuman singkat berikut.

Jebolan Liga Jepang

Edson Tavares kini tercatat sedang menganggur alias tidak memiliki klub. Terakhir, Edson Tavares melatih klub kasta kedua Liga Jepang, Yokohama FC.

Sosoknya mulai menjabat di Yokohama FC sejak 24 Oktober 2017 lalu, dan berakhir pada 13 Mei 2019. Selama membesut Yokohama FC, Edson Tavares telah melakoni 62 laga, dengan catatan 27 kemenangan, 18 imbang, dan 17 kekalahan.

Sayangnya, perpisahan Edson Tavares dengan Yokohama FC harus berjalan pahit. Laga terakhirnya pada 12 Mei 2019 kontra Machida Zelvia, hanya berakhir dengan skor imbang 1-1.

Lisensi Kepelatihan

Edson Tavares sepertinya punya reputasi yang cukup apik di dunia kepelatihan. Buktinya bisa terlihat dari lisensi yang dipegang Edson Tavares saat ini.

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Edson Tavares memegang lisensi kepelatihan UEFA Pro. Artinya, Edson Tavares berguru ilmu kepelatihan dari jagat sepak bola Eropa, yang terkenal memiliki kualitas apik.

Andai gabung Persija Jakarta, Edson Tavares kemungkinam akan membawa aroma gaya permainan baru. Edson Tavares diyakini bakal memadukan sepak bola indah indah ala Brasil dengan permainan taktis ala Eropa.

Berpengalaman di Asia

Edson Tavares memang berasal dari Brasil. Ia juga mengambil lisensi kepelatihan di Eropa, yang artinya sangat jauh dari kancah sepak bola Asia.

Namun, Edson Tavares ternyata sudah kenyang betul dengan jam terbang kepelatihan di Benua Kuning. Selain Liga Jepang, Edson Tavares pernah melatih beberapa klub China, GZ Matsunichi, SC Quanxing, SZ FC, CQ Lifan, serta klub Iran, Sepahan.

Bahkan, Edson Tavares pernah pula memiliki pengalaman di level Asia Tenggara. Pada dua periode, yakni 1994 dan 2004, Edson Tavares diketahui menjabat sebagai pelatih Timnas Vietnam.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%