Liga Indonesia

5 Pelatih Asing yang Cocok Gantikan Julio Banuelos di Persija Jakarta

Jumat, 20 September 2019 16:00 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (15/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (15/09/19).

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada lima kandidat pelatih asing yang dirasa cocok untuk gantikan posisi Julio Banuelos di Persija Jakarta.

Julio Banuelos resmi didepak Persija Jakarta pasca kalah dari Bali United 0-1 di pekan ke-19 Liga 1, Kamis (19/09/19) sore WIB.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Persija Ferry Paulus dalam konferensi pers pasca pertandingan kepada para awak media.

"Jadi per hari ini (Kamis, 19 September 2019), Persija sudah memutuskan tidak melanjutkan kerja dengan Coach Julio dan Eduardo," ucap Ferry.

Ferry menilai jika Persija selama ini sudah memberikan kesempatan ada Banuelos dan Eduardo. Namun keduanya gagal memenuhi ekspetasi Persija.

© Media Persija
Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez. Copyright: Media PersijaCEO Macan Kemayoran Ferry Paulus (kiri) dan mantan pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez (kanan).

Rencananya, untuk sementara Marko Simic dan kolega akan ditangani oleh pelatih caretaker, Mustaqim dan Sudirman, yang mana memiliki lisensi yang sesuai.

Tampaknya Persija butuh pelatih yang sanggup mengangkat performa tim dari zona degradasi. Pasalnya masa transisi tak semuanya mudah berjalan lancar.

Maka dari itu berikut ada lima kandidat yang dirasa cocok untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Julio Banuelos di Persija.

1. Osvaldo Lessa

© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura, Osvaldo Lessa Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTMantan pelatih Persipura, Osvaldo Lessa.

Pelatih kelahiran Brasil Osvaldo Lessa dirasa cocok untuk melanjutkan tongkat estafet dalam melatih Persija Jakarta di sisa pertandingan Liga 1.

Pelatih yang mengenakan skema 4-3-3 ini telah lama berkarier di Indonesia tepatnya sejak 2009 bersama Persipura Jayapura (pelatih fisik).

Bahkan dirinya pernah merasakan gelar juara bersama Persipura (2010-2011 dan 2013) serta tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Sehingga Osvaldo Lessa bisa disebut sudah paham akan seluk-beluk cara bermain yang pas dalam membangun tim. Apalagi saat ini dirinya diketahui menganggur.

2. Angel Alfredo Vera

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Bejo sugiantoro tengah berdiskusi dengan Angel Alfredo Vera. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTBejo sugiantoro tengah berdiskusi dengan Angel Alfredo Vera.

Kemudian ada pelatih asal Argentina Angel Alfredo Vera yang bisa bisa digaet oleh Persija untuk menjalani sisa musim 2019 di Liga 1 ini.

Kemampuan Angel Alfredo Vera sendiri tak perlu diragukan lagi. Lantaran telah berkiprah sebagai pelatih di Indonesia sejak 2013 silam.

Bahkan Angel Alfredo Vera pernah membawa Persipura juara ISC 2016 dan Persebaya kampiun Liga 2 2017. Hal tersebut menjadi nilai plus untuknya.

Pasca sempat membawa Bhayangkara FC tampil begitu impresif di awal-awal Liga 1 2019, tetapi pelatih berpakem 4-3-3 ini malah dipecat dan kini menganggur.

3. Fabio Lopez

© Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Pelatih Borneo FC, Fabio Lopez saat konfrensi pers. Copyright: Ronald Seger Prabowo/Indosport.comMantan pelatih Borneo FC, Fabio Lopez saat konfrensi pers.

Berikutnya ada pelatih asal Italia Fabio Lopez yang juga bisa menjadi salah satu kandidat untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Banuelos di Persija.

Fabio Lopez memang bisa disebut kurang bersinar kala menangani Borneo FC di Piala Presiden 2019. Meski begitu pelatih berlisensi UEFA Pro ini masih penasaran dengan Liga 1.

Bahkan Fabio mengaku jika pihak Persija memang menginginkan jasanya, maka dia siap untuk berdiskusi soal kontrak.

"Akan menjadi sebuah kehormatan jika bisa melatih klub besar seperti mereka," ucap Fabio saat dihubungi INDOSPORT, Sabtu (14/09/19).

4. Dejan Antonic

© Ronald Seger/INDOSPORT
Dejan Antonic pelatih Madura United dalam jumpa pers Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTDejan Antonic, mantan pelatih Madura United dalam jumpa pers

Pelatih asal Serbia Dejan Antonic saat ini sedang menganggur pasca mengundurkan diri dari Madura United. Dirinya bisa saja menggantikan posisi Banuelos di Persija.

Dejan telah mengantongi lisensi UEFA Pro sejak Desember 2015 silam. Bahkan dirinya masuk ke dalam tiga besar dari 75 pelatih yang ikut kursus tersebut.

Pelatih berusia 50 tahun ini memegang pakem permainan 4-2-3-1. Bahkan saat ini Dejan tengah dikait-kaitkan dengan Persija.

Meski begitu, Dejan mengaku belum ada hubungan apapun dengan Persija. Namun sederet tim telah mengajukan tawaran kepada dirinya untuk melatih.

5. Edson Taraves

© https://www.instagram.com/yokohamafc_official/ - INDOSPORT
Edson Tavares, pelatih yang dikaitkan gabung Persija Copyright: https://www.instagram.com/yokohamafc_official/ - INDOSPORTEdson Tavares, pelatih yang dikaitkan gabung Persija.

Terakhir ada pelatih berpaspor Brasil Edson Tavares yang saat ini tengah dirumorkan bakal melatih Persija pasca melepas Banuelos.

Pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro ini menggunakan pakem bermain 3-5-2. Terakhir kali dirinya melatih ialah klub asal Jepang Yokohama FC (Mei 2019).

Edson Tavares ternyata sudah kenyang betul dengan jam terbang kepelatihan di Benua Kuning. Selain Liga Jepang, Tavares pernah melatih beberapa klub China, GZ Matsunichi, SC Quanxing, SZ FC, CQ Lifan, serta klub Iran, Sepahan.

Dengan sederet pengalaman tersebut, manajemen Persija tampaknya bisa memasukan nama-nama di atas sebagai kandidat pengganti Julio Banuelos.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%