Liga Indonesia

Termasuk Persija, 3 Klub Liga 1 Kerap Lepas Pelatih di Tengah Kompetisi

Kamis, 19 September 2019 20:50 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Media Persija
Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez. Copyright: © Media Persija
Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez.

INDOSPORT.COM - Terdapat tiga klub Liga 1 yang kerap lepas pelatih di tengah kompetisi dan salah satunya termasuk Persija Jakarta saat ini.

Pelatih memiliki peran penting dalam menukangi sebuah klub. Pelatih akan menentukan skema apa yang akan diterapkan ke tim yang dibesutnya.

Meraih kemenangan adalah sebuah harga yang dijunjung tinggi untuk bisa meraih gelar juara. Meraih gelar juara akan menambah prestasi pribadi sang pelatih.

Meski begitu ternyata menjadi pelatih di Liga 1 tak selamanya berjalan mulus. Bahkan tak jarang berakhir dengan dilepas oleh klub karena berbagai alasan.

Sejauh ini di Liga 1 2019, tepatnya sebelum paruh musim, sudah ada 10 pelatih yang dipecat ataupun mengundurkan diri dari jabatannya.

Tak jarang ada sebuah klub harus mendepak pelatih sebanyak dua kali dalam satu musim karena dianggap gagal membawa dampak positif bagi tim.

Maka dari itu berikut deretan klub Liga 1 yang kerap lepas pelatih di tengah kompetisi, termasuk salah satunya Persija Jakarta.

PS TNI (kini Tira Persikabo) Liga 2017

© Twitter @SuporterTVFC
Laurent Hatton, pelatih baru PS TNI Copyright: Twitter @SuporterTVFCLaurent Hatton, mantan pelatih PS TNI (kini Tira Persikabo).

Saat awal-awal Liga 1 2017, PS TNI (kini Tira Persikabo) mengontrak pelatih asal Prancis Laurent Hatton. Akan tetapi Hatton malah dilepas di pekan ke-3 (posisi 5).

Menurut Sekretaris Umum PS TNI Yandri (kala itu), alasan pencopotan Hatton dikarenakan belum fasih bahasa Indonesia dan belum mengerti dunia sepak bola Indonesia.

"Makanya dari manajemen Laurent Hatton diganti," ujar Yandri, Mei 2017.

PS TNI pun langsung menunjuk Ivan Kolev untuk menjadi pelatih berikutnya. Akan tetapi prestasi PS TNI masih stagnan dan membuat Ivan Kolev dilepas pada pekan ke-27 (posisi ke-15), September 2017.

Persipura Jayapura Liga 1 2018

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTPelatih Persipura Jayapura, Peter Butler.

Kemudian ada Persipura Jayapura yang mengontrak pelatih asal Inggris Peter Butler di awal Liga 1 2018. Namun Persipura melepasnya di pekan ke-13 (posisi 7).

Padahal bersama Peter Butler, Persipura dibawa menjadi klub yang menakutkan. Bahkan sederet talenta muda mampu menunjukan diri ketika dipercaya menjadi starter.

"Setelah melakukan rapat evaluasi beberapa hari, kami putuskan untuk tidak lagi melanjutkan kerja sama dengan Peter Butler," ujar Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano, Juni 2018.

Faktor tak pernah menang di empat laga terakhir disinyalir menjadi alasan Persipura melepas Peter Butler di awal-awal Liga 1 2018.

Persipura pun mendatangkan Amilton Silva sebagai juru taktik baru. Akan tetapi Amilton mengundurkan diri dipekan ke-23 (posisi 8) pada September 2018.

Persija Jakarta Liga 1 2019

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Terakhir alias baru-baru ini ada Persija Jakarta yang juga melepas dua pelatih dalam satu musim mengarungi kerasnya Liga 1 2019.

Di awal musim, Persija mempercayakan kursi pelatih pada Ivan Kolev. Akan tetapi rentetan hasil buruk di kualifikasi Liga Champions Asia, Piala AFC, Piala Presiden, Kratingdaeng Piala Indonesia, dan Liga 1 membuatnya mengundurkan diri.

Jabatan pelatih pun diemban oleh Julio Banuelos (Spanyol). Bersama Julio, Persija sempat dibawa ke final Kratingdaeng Piala Indonesia tetapi kalah di leg kedua oleh PSM Makassar.

Meski begitu rentetan hasil kurang memuaskan di Liga 1 2019 membuat manajemen Persija ambil tindakan. Julio pun dilepas usai kalah dari Bali United.

"Jadi per hari ini (Kamis, 19 September 2019), Persija sudah memutuskan tidak melanjutkan kerja dengan Coach Julio dan Eduardo," ucap CEO Persija Ferry Paulus.