Liga Europa

Bukan Mason Greenwood, Ini Pemain yang Sebenarnya Layak Disebut Pahlawan Manchester United

Jumat, 20 September 2019 10:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© James Worsfold/Getty Images
Mason Greenwood, wonderkid Manchester United Copyright: © James Worsfold/Getty Images
Mason Greenwood, wonderkid Manchester United

INDOSPORT. COM - Manchester United mungkin patut berterimakasih kepada Mason Greenwood dalam laga Liga Europa kontra FC Astana, Jumat (20/09/19) dini hari tadi.

Berkat gol Mason Greenwood pada menit ke-73, Manchester United bisa meraih kemenangan 1-0 atas FC Astana. Manchester United pun kini memuncaki klasemen sementara Grup L Liga Europa dengan raihan tiga poin.

Mason Greenwood memang mampu menunjukkan penampilan memukau semalam. Selain membawa timnya menang, Greenwood akhirnya juga sukses mencetak gol debutnya di laga resmi Manchester United.

Namun kalau mau ditelaah lebih jauh lagi, sebenarnya bukan Greenwood yang layak disebut sebagai pahlawan Manchester United. Masih ada sosok pemain lainnya yang lebih pantas untuk mendapatkan label tersebut.

Pemain yang dimaksudkan itu ialah Axel Tuanzebe. Sosoknya diketahui menjadi pilihan utama di lini belakang Manchester United dalam laga kontra FC Astana.

Ole Gunnar Solskjaer, selaku pelatih Manchester United, menduetkan Tuanzebe dengan seniornya, Phil Jones. Hasilnya sungguh cemerlang, Tuanzebe mampu memerlihatkan kualitas hebatnya, sebagai seorang palang pintu tangguh yang patut diperhitungkan.

Buktinya saja, situs Whoscored sampai menyematkan man of the match kepada Tuanzebe. Padahal sebelumnya sorotan publik lebih banyak tertuju kepada Greenwood.

Situs Whoscored memberikan rating 7,8 untuk penampilan Tuanzebe semalam. Rating ini sama persis dengan yang dicatatkan oleh dua pemain Manchester United lainnya, Greenwood dan juga Fred.

Tuanzebe lebih spesial ketimbang Greenwood dan Fred, lantaran punya statistik penampilannya yang luar biasa. Tuanzebe kala menangkal serangan FC Astana, tercatat mampu memenangkan delapan kali duel udara.

Bandingkan dengan statistik Greenwood dan Fred, tak ada satupun sektor yang dihiasi angka delapan. Greenwood paling banyak hanya mampu menyentuh angka empat di sektor melepaskan tendangan.

Fred tak jauh beda. Sang gelandang Brasil catatan terbanyaknya juga pada sektor melepaskan tendangan, yakni tiga kali.

Begitulah kurang lebih penjabaran terkait pahlawan Manchester United yang sebenarnya, yakni Tuanzebe. Greenwood memang bisa mencetak gol kemenangan, tapi andai Tuanzebe tak menampilkan ketangguhannya, mungkin pertandingan semalam akan memperlihatkan hasil berbeda.