Liga Indonesia

Persipura Belum Terkalahkan, Jacksen Tiago Beberkan Caranya

Jumat, 20 September 2019 19:24 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago sudah tujuh laga tidak terkalahkan. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago sudah tujuh laga tidak terkalahkan.

INDOSPORT.COM - Juru racik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengaku tak banyak melakukan perubahan signifikan dalam skuatnya saat ini di Shopee Liga 1 2019. Meskipun begitu, ia mampu menghadirkan tren positif bagi Persipura hingga laga ke-17 Liga 1 2019.

Jacksen pun enggan merahasiakan kunci suksesnya dalam membawa Persipura kembali ke jalur positif tanpa kekalahan di tujuh laga sepak bola beruntun.

"Saya rasa kuncinya adalah kita sudah mengenal sejak lama dan saya tahu persis kemampuan mereka sehingga saya cuma fokus pada kelebihan mereka saja," ujarnya, Jumat (20/9/19).

Jacksen mengungkapkan, hal utama yang dilakukannya saat kembali menukangi Persipura ialah membenahi mental dan juga fisik para pemain, yang menurutnya sedang dalam kondisi tak bagus.

"Saya lihat waktu baru gabung tim ini sedang dalam kondisi mental menurun dan saya coba bangkitkan motivasi dan membuat konsep latihan seperti strength fisik dan mempercepat proses recovery supaya mereka mampu menjalankan pertandingan ke pertandingan tanpa kelelahan," bebernya.

"Karena saya sangat yakin kalau sudah bugar dan percaya diri mereka mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya."

Hal selanjutnya yang dilakukan Jacksen untuk meningkatkan performa Persipura yakni menerapkan organisasi permainan secara merata baik dari segi bertahan hingga menyerang.

Dirinya ingin semua komponen yang ada dalam skuat Persipura bisa menjalankan perannya secara detil. Menurutnya, hal tersebut bahkan sudah dijalankan oleh Boaz Solossa dan kolega dengan sangat baik.

"Itu yang saya fokuskan dan kita coba membangun organisasi permainan dan semua pemain terlibat dalam permainan bertahan dan menyerang sehingga tidak ada celah kepada lawan untuk bisa menyerang kita dengan mudah," jelasnya.

"Kita juga coba membuat semua komponen tim kita terlibat dalam proses bermain dengan maupun tanpa bola. Saya rasa pemahaman itu bisa dijalankan oleh anak-anak dan kita bisa dapat hasil yang jauh dari harapan dan melebihi ekpektasi sebelumnya," tandasnya.