Bola Internasional

Bersama Pemain Liga Inggris, Lilipaly Masuk Daftar 10 Pemain Termahal ASEAN

Sabtu, 21 September 2019 18:12 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, masuk dalam daftar sepuluh besar pemain sepak bola termahal Asia Tenggara saat ini. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, masuk dalam daftar sepuluh besar pemain sepak bola termahal Asia Tenggara saat ini.

INDOSPORT.COM – Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, masuk dalam daftar sepuluh besar pemain sepak bola termahal Asia Tenggara saat ini. Pria berusia 29 tahun ini menjadi satu-satunya pemain Tanah Air yang masuk daftar tersebut.

Menurut data yang dihimpun FOX Sports, Lilipaly menjadi pemain termahal nomor sepuluh. Gelandang serang Bali United itu kini bernilai 405 ribu poundsterling (7,1 miliar rupiah). Nilai pasarannya tersebut diketahui tidak berubah sejak November 2018.

Daftar pemain termahal ini dipuncaki oleh penjaga gawang Cardiff City, Neil Etheridge. Pemain yang musim lalu merumput di kasta tertinggi Liga Inggris itu bernilai 7,2 juta poundsterling (127 miliar rupiah). Nilai pasarannya berkembang dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu.

Adapun tempat kedua dan ketiga diduduki oleh pemain Thailand, Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo) dan Teerasil Dangda (Muangthong United). Keduanya berharga 2 juta pounds (35,2 miliar rupiah) dan 810 ribu pounds (14,3 miliar rupiah) secara berurutan.

Selanjutnya, posisi empat hingga sembilan ditempati oleh Natxo Insa (Malaysia), Theerathon Bunmathan (Thailand), Thithipan Puangchan (Thailand), Daisuke Sato (Filipina), Kawin Thamsatchanan (Thailand), dan Javier Patino (Filipina).

Harga keenam pemain di atas berkisar dari 450 ribu hingga 720 ribu pounds (8-13 miliar rupiah). Dari keenamnya, hanya Natxo Insa yang bermain di kompetisi sepak bola negaranya sendiri. Lima pemain lainnya berkarier di luar negerinya.

Nilai pemain di atas dirasa cukup mengejutkan karena tidak ada satu pun pemain Vietnam. Pasalnya, dua pemain The Golden Star baru-baru ini menjejakkan kakinya di kompetisi Eropa. Salah satunya adalah Doan Van Hau yang dikontrak Heerenveen SC.

Hampir semua pemain di daftar termahal tersebut merupakan tulang punggung negaranya masing-masing di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Stefano Lilipaly sendiri selalu bermain dalam dua laga awal Timnas Indonesia meski belum berhasil memberikan poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%