Bola Internasional

3 Pemain yang Bersinar dan Berjasa Bawa Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala Asia 2020

Senin, 23 September 2019 12:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 saat merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 saat merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut deretan pemain Timnas Indonesia U-16 yang bersinar dan sukses membawa lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 mendatang.

Timnas Indonesia U-16 lolos sebagai runner up terbaik. Sekaligus menjadi tim satu-satunya wakil ASEAN yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

Anak asuh kepala pelatih Bima Sakti Tukiman ini sukses meraih tiga kemenangan dan sekali imbang serta mengoleksi 10 poin dengan 27 gol dan sekali kebobolan.

Timnas Indonesia u-16 sukses memenangkan pertandingan ketika bersua Filipina (4-0), Kepulauan Mariana Utara (15-1), dan Brunei Darussalam (8-0). Sedangkan hasil imbang diraih saat melawan China (0-0).

Selain itu Timnas Indonesia U-16 telah membukukan enam kali lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 sejak edisi 1986, 1988, 1990, 2008, 2010, dan 2018.

Kendati demikian, kepala pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Kami akan evaluasi semuanya. Yang pasti kami tidak boleh santai untuk menghadapi putaran final." ujar Bima seperti dinukil laman resmi PSSI.

Meski begitu tampaknya keberhasilan Timnas Indonesia u-16 lolos membuat sejumlah pemain tampil bagus dan sangat bersinar di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Berikut deretan pemain yang dimaksudkan agar para penggemar sepak bola nasional mengetahuinya.

1. Marselino Ferdinan

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gelandang Timnas Indonesia U-16, Marselino Ferdinan (kanan) menggiring bola dan dalam penjagaan Xu Bin, Minggu (22/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGelandang Timnas Indonesia U-16, Marselino Ferdinan (kanan) menggiring bola dan dalam penjagaan Xu Bin, Minggu (22/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Pemain Timnas Indonesia U-16 yang bersinar sepanjang mengikuti pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 ialah Marselino Ferdinan.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tampil begitu menawan dalam mencari ruang yang pas untuk membuat peluang dalam mencetak gol.

Beberapa kali kemampuan individunya kerap menyulitkan lawan yang dihadapi ketika merangsek dari tengah ataupun sektor sayap.

Bahkan Marselino Ferdinan membuka keran golnya sejak awal pertandingan dan berturut-turut terus mencetak gol. Namun terhenti ketika bersua China karena memang kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Meski begitu, total tujuh gol telah dikemas oleh Marselino sepanjang turnamen tersebut. Diharapkan kemampuannya terus berkembang kala tampil di Piala Asia U-16 2020 mendatang.

2. Ahmad Athallah Araihan

© instagram.com/athallaharaihan__
Ahmad Athallah Araihan, striker Timnas Indonesia U-15 yang berhasil cetak gol ke gawang Korea Selatan di Boys Elite Football Tournament 2019, Minggu (18/08/19) Copyright: instagram.com/athallaharaihan__Ahmad Athallah Araihan, striker Timnas Indonesia U-15 yang berhasil cetak gol ke gawang Korea Selatan di Boys Elite Football Tournament 2019, Minggu (18/08/19)

Kemudian ada striker Timnas Indonesia U-16 Ahmad Athallah Araihan yang tampaknya bisa tampil begitu bersinar sepanjang kompetisi berlangsung.

Kemampuannya yang bisa menempatkan posisi yang pas ketika dalam mode serangan, serta tendangan akurat, sampai lompatan tinggi kala menyambut sundulan begitu berbahaya.

Bahkan ketajamannya sudah terlihat ketika bisa mencetak gol ke gawang Filipina. Satu gol tersebut membuat Athallah terus menunjukan kalau dirinya adalah striker yang subur untuk masa depan Indonesia.

Total enam gol telah dibuat oleh Athallah Araihan. Dirinya gagal mencetak gol kala lawan China saja, sisanya Athallah sukses selalu membuat gol.

3. Marcell Januar

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-16. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas Indonesia U-16.

Terakhir ada bek Marcell Januar yang juga tampil bersinar ketika mengawal barisan bertahan Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Marcell, yang menjabat sebagai kapten ini, bisa selalu tampil tenang ketika membangun serangan dari bawah alias belakang. Tentunya tak mudah memiliki kemampuan tersebut.

Tak jarang pula, Marcell memotong dengan bersih serangan lawan dari tengah. Sang pemain tentunya telah memiliki prediksi yang akurat.

Bahkan Marcell pun sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-16 lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 berkat kemampuannya yang apik untuk mengawal barisan pertahanan.