Bola Internasional

Catat! Inilah Pembagian Pot dalam Undian Fase Grup Piala Asia U-16 2020

Senin, 23 September 2019 16:35 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 berada di pot dua untuk undian fase grup putaran final Piala AFC U-16 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 berada di pot dua untuk undian fase grup putaran final Piala AFC U-16 2020.

INDOSPORT.COM – Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 yang diselenggarakan di 11 negara pada 14-22 September telah berakhir. Sebanyak 16 negara memastikan diri lolos ke putaran final belakangan tersebar dalam empat pot untuk undian fase grup.

Pembagian pot tersebut didasarkan pada performa setiap negara di ajang Piala Asia U-16 2018. Hal ini menepis anggapan banyak pecinta sepak bola yang mengira bahwa pembagian pot didasarkan performa sepanjang kualifikasi.

Pot pertama terdiri dari Bahrain (tuan rumah), Jepang (juara bertahan), Tajikistan (finalis), dan Korea Selatan. Indonesia berada di pot kedua bersama Australia, Korea Utara, dan India.

Selanjutnya, pot ketiga dipenuhi negara kuat asal Timur Tengah yakni Iran, Yaman, Oman, dan Arab Saudi. Sedangkan, pot keempat atau terakhir terdiri dari China, Uzbekistan, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia U-16 berada di pot kedua berkat pencapaian menembus perempat final edisi 2018. Prestasi tersebut bahkan membuat Indonesia masuk dalam pot unggulan di babak Kualifikasi Piala Asia U-16 yang baru saja selesai.

Dengan pembagian pot di atas, Indonesia U-16 dipastikan bertemu lawan berat. Seluruh negara kuat tersebar di setiap pot. Salah satu skenario grup neraka yang bisa didapatkan ialah berada satu grup dengan Jepang (pot 1), Arab Saudi (pot 3), dan Qatar (pot 4).

Undian grup Piala Asia U-16 2020 diperkirakan baru dilangsungkan pada Maret tahun depan. Ada pun ajang ini bakal digelar 16 September hingga 3 Oktober 2020. Dengan kepastian bertemu lawan kuat, Indonesia U-16 harus bersiap sebaik mungkin.