Bola Internasional

Gagal Temani Timnas Indonesia ke Piala AFC U-16 2020, Malaysia Tetap Bangga

Senin, 23 September 2019 12:37 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/FASelangorMy
Pelatih Timnas Malaysia U-16, Pachaiappan Maniam, merasa bangga meski gagal menemani Indonesia ke Piala AFC U-16 2020 sebagai wakil Asia Tenggara. Copyright: © Twitter/FASelangorMy
Pelatih Timnas Malaysia U-16, Pachaiappan Maniam, merasa bangga meski gagal menemani Indonesia ke Piala AFC U-16 2020 sebagai wakil Asia Tenggara.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Malaysia U-16, Pachaiappan Maniam, merasa bangga meski gagal menemani Indonesia ke Piala AFC U-16 2020 sebagai wakil Asia Tenggara. Ia memuji sikap anak asuhnya yang tidak menunjukkan rasa putus asa.

“Kami turun dengan target kemenangan dan memulainya dengan baik. Terlihat banyak aspek positif dalam permainan anak asuh saya. Terlepas dari hasil, saya bangga menjadi pelatih mereka,” ucap Maniam dilansir dari situs Vocketfc.

Malaysia U-16 sendiri gagal lolos bermain imbang 2-2 dengan Jepang dalam laga terakhir grup J. Negeri Jiran bisa dikatakan tersingkir secara dramatis. Pasalnya, hingga menit ke-90, dua gol Daniel Edzuan hampir memastikan Malaysia lolos ke Piala AFC U-16 tahun depan.

Namun, petaka terjadi pada menit ke-90+4. Yamato Naito sukses menjebol gawang tim Malaysia yang bermain dengan 10 orang. Hasil ini membuat Jepang menjadi juara grup dan kembali akan tampil di Piala AFC U-16.

“Semangat juang yang tinggi ditampilkan para pemain meski hanya bermain dengan sepuluh pemain. Apa pun itu, saya akan sangat bangga jika mereka semua nantinya bisa bermain untuk Malaysia senior,” lanjut pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Meski berbangga, hasil ini bisa dikatakan sedikit mengecewakan. Pasalnya, Malaysia datang ke Kualifikasi Piala AFC 2020 dengan status juara Piala AFF U-15 2019. Malaysia U-16 bahkan mengalahkan Australia di partai puncak.

Dengan hasil ini, Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di kancah Piala AFC U-16 Bahrain 2020. Negara unggulan AFF lain seperti Thailand dan Vietnam juga tersingkir. Keduanya gagal lolos sebagai empat besar runner-up terbaik.

IDS Emoticon Suka
Suka
21%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
6%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
15%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
24%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
3%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
9%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%