Liga Indonesia

Lolos ke Piala Asia, Bima Sakti Akui Punya Tugas Berat

Senin, 23 September 2019 17:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Bima Sakti persiapan laga Timnas U-16 Copyright: © INDOSPORT
Bima Sakti persiapan laga Timnas U-16

INDOSPORT.COM  - Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke babak utama Piala Asia U-16 2020 dengan status sebagai runner up terbaik.

Skuat Garuda Asia mendapatkan slot tersebut setelah menempati posisi kedua Grup G babak  kualifikasi Piala Asia U-16 dengan raihan tujuh poin (sebenarnya 12, namun poin lawan Mariana Utara tidak dihitung) dan surplus 12 gol.

Timnas U-16 lolos sebagai runner up terbaik bersama tiga negara lainnya yakni Oman, Yemen dan Uzbekistan. Bahkan, skuat asuhan Bima Sakti menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara pada kejuaraan kelompok umur terbesar di Benua Kuning tahun depan.

Kendati tampil moncer di babak kualifikasi dan lolos ke babak utama Piala Asia U-16, pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengatakan ada pekerjaan berat yang tengah menantinya. Satu hal yang cukup mencolok dan harus dievaluasi adalah kondisi fisik para pemain.

"Kondisi fisik para pemain memang jadi evaluasi. Makanya kami berusaha mengatur tempo permainan, tidak harus tinggi tapi harus disesuaikan saat bertahan dan menyerang. Harus koordinasi," katanya.

Masalah fisik yang dihadapi Timnas U-16 tidak lepas dari persiapan yang cukup mepet. Bima Sakti mengaku belum maksimal mengeluarkan kemampuan terbaik anak asuhnya, sehingga hal itu akan diperbaiki dalam persiapan menuju Piala Asia.

"Jadi program saya kemarin mepet waktunya, kami pemusatan latihan hanya sebentar saja. Kami hanya punya waktu sedikit, kemudian ke Piala AFF dan itu memang masih amburadul," urainya.