Liga Spanyol

Xavi Bahas Kemungkinan Latih Barcelona, Gantikan Ernesto Valverde?

Senin, 23 September 2019 16:50 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Barrington Coombs/Getty Images)
Xavi Hernandez bicara soal kans melatih mantan klubnya, Barcelona. Barrington Coombs/Getty Images. Copyright: © Barrington Coombs/Getty Images)
Xavi Hernandez bicara soal kans melatih mantan klubnya, Barcelona. Barrington Coombs/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez, mengungkapkan satu syarat dirinya bisa melatih raksasa LaLiga Spanyol itu dan mungkin menggantikan Ernesto Valverde.

Di laga pekan ke-5 LaLiga Spanyol musim ini, skuat asuhan Valverde itu hanya mampu dua kali menang (5-2 lawan Real Betis dan 5-2 lawan Valencia), satu kali imbang (2-2 lawan Osasuna), dan dua kali kalah (0-1 lawan Athletic Bilbao dan 0-2 lawan Granada).

Dengan hasil tersebut, Blaugrana itu hanya mampu bertengger di peringkat delapan dengan tujuh poin, terpaut empat poin dari Athletic Bilbao di puncak klasemen sementara (11 poin) dan selisih tiga poin dari Espanyol yang menghuni zona degradasi.

Situasi seperti ini memunculkan banyak spekulasi bahwa pihak klub akan memecat Valverde dan menggantikannya dengan pelatih baru. Salah satu rumor yang muncul adalah Xavi Hernandez yang kabarnya ingin kembali ke mantan klubnya itu sebagai pelatih.

"Orang-orang berharap banyak dari saya untuk melatih. Tentu, saya senang jika dianggap sebagai sosok potensial untuk melatih mereka. Seperti yang pernah saya katakan, impian saya adalah bisa melatih Barcelona," ujar Xavi seperti dilansir dari laman portal berita sepak bola Football Espana.

"Tapi, akan sangat sulit untuk memutuskan kapan saya bisa kembali karena saya masih harus menggali banyak pengalaman terlebih dulu sebagai pelatih. FC Barcelona adalah klub besar dan saya butuh persiapan matang untuk bisa melakukan hal tersebut," tutupnya.

Pengalaman tentu menjadi satu syarat Xavi Hernandez jika ingin melatih Barcelona atau bahkan menjadi pengganti Ernesto Valverde. Xavi pun masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri, apalagi kini ia sudah terjun ke dunia kepelatihan.

Xavi Hernandez sendiri telah memperkuat Barcelona sejak 1998-2015, mencetak 85 gol serta menyumbang 184 assist dari 769 penampilannya di semua kompetisi. Setelah pensiun, ia menjadi pelatih di klub sepak bola Qatar, Al Sadd.