Bola Internasional

Kasus Tusuk Wasit Oktovianus Maniani Jadi Sorotan Media Malaysia

Selasa, 24 September 2019 18:17 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© alchetron.com
Kasus indisipliner eks pemain Timnas Indonesia, Oktovianus Maniani, dalam sebuah laga Persewar Waropen di Liga 2 2019 menjadi sorotan media asal Malaysia. Copyright: © alchetron.com
Kasus indisipliner eks pemain Timnas Indonesia, Oktovianus Maniani, dalam sebuah laga Persewar Waropen di Liga 2 2019 menjadi sorotan media asal Malaysia.

INDOSPORT.COM – Kasus indisipliner eks pemain Timnas Indonesia, Oktovianus Maniani, dalam sebuah laga Liga 2 2019 menjadi sorotan media asal Malaysia. Salah satu yang mengabarkan kejadian tersebut ialah situs Vocketfc.

Vocketfc menceritakan proses terjadinya insiden Okto. Gelandang sayap yang kini membela Persewar Waropen di wilayah timur Liga 2 itu awalnya bermain dalam laga melawan Mitra Kukar (6/9/19). Dalam sebuah situasi, Okto terlihat tak puas dengan keputusan wasit.

Tak disangka, penggawa Indonesia dalam Piala AFF 2010 itu tiba-tiba mengambil bendera tendangan sudut dan menusuknya kepada sang wasit. Selain wasit, tikaman Okto kabarnya mengenai kiper Mitra Kukar, Joice Sorongan, hingga menderita cedera.

Setelah melakukan investigasi, PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia memberikan sanksi berat. Okto dijatuhkan hukuman larangan tampil selama enam bulan. Tak hanya Okto, pelatih Eduard Ivakdalam yang ikut terlibat juga dilaporkan menerima hukuman.

Hal ini menjadi kontroversi Indonesia kedua yang ramai disorot Malaysia dalam sebulan terakhir. Sebelumnya, mereka membahas kericuhan yang dilakukan oknum suporter kepada pendukung Negeri Jiran di Jakarta dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Vocketfc kemudian menyebutkan bahwa sepak bola Indonesia saat ini masih penuh dengan kontroversi dan keributan. Khusus kasus Okto, perangai buruknya bakal berakibat buruk kepada dirinya dan Persewar Waropen.

Saat ini, Persewar berada di posisi ketujuh klasemen sementara wilayah barat Liga 2. Mereka butuh menyapu bersih kemenangan di lima laga sisa untuk lolos ke babak delapan besar. Dengan kehilangan Okto, harapan Mutiara Bakau untuk promosi menjadi sangat sulit.

Sementara itu, Oktovianus Maniani sendiri merupakan salah satu pemain yang pernah menjadi momok Malaysia. Pada laga pertama fase grup Piala AFF 2010, Okto menciptakan satu assist untuk Irfan Bachdim dalam laga yang berakhir 5-1 untuk Indonesia.