Liga Indonesia

Adu Statistik Andritany dan Wawan, Siapa Layak Jadi Nomor 1?

Kamis, 26 September 2019 16:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© tribunnews/bola
Andritany Ardhiyasa dan Wawan Hendrawan. Copyright: © tribunnews/bola
Andritany Ardhiyasa dan Wawan Hendrawan.

INDOSPORT.COM – Induk sepak bola Indonesia, PSSI, memanggil Andritany Andhiyasa dan Wawan Hendrawan ke timnas Indonesia guna menghadapi matchday 3 dan 4 Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bagi Wawan Hendrawan, ini merupakan kali pertama kiper Bali United itu dipanggil ke timnas Indonesia di bawah pelatih Simon McMenemy.

Sementara itu, Andritany telah menjadi langganan di bawah mistar gawang skuat Garuda sejak era Kurnia Meiga Hermansyah berakhir.

Pemanggilan Wawan mengundang harapan, terlebih mengingat penampilan Andritany dalam dua pertandingan awal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G yang kurang memuaskan.

Kiper Persija Jakarta itu sudah kebobolan enam kali melawan Malaysia (05/9/19) dan Thailand (10/9/19) lalu. Tidak heran, publik mulai mencari sosok pengganti Andritany.

Wawan punya kans untuk menggantikan Andritany sebagai pemilik seragam nomor 1 timnas Indonesia. Kiper berjuluk Spiderwan itu punya catatan statistik apik musim ini bila dibandingkan Andritany.

Di Liga 1, Wawan telah mencatatkan 9 clean sheets dari 19 pertandingan. Bali United sejauh ini baru kebobolan 12 gol dan menjadi tim paling sedikit kebobolan.

Sementara itu, Andritany kebobolan 11 gol dari 11 laga dengan catatan clean sheet sebanyak 3 kali. Ia tujuh kali absen membela Persija Jakarta, sementara Wawan belum tergantikan.

Meski kalah catatan clean sheet, kapten timnas Indonesia tersebut sudah dua kali mencatatkan jumlah penyelamatan terbanyak selama sepekan.

Menurut data Statoskop, Andritany berhasil meraih most save pada pekan ke-14 dan 19. Pada pekan ke-14 ia mencatatkan 7 saves, sementara pekan ke-19 sebanyak 6 saves.

Andritany dan Wawan akan bergabung ke pemusatan latihan timnas Indonesia pada 1 Oktober 2019 di Jakarta. Skuat Garuda dijadwalkan melawan tuan rumah Uni Emirat Arab (10/10/19).