Liga Indonesia

Kelebihan Wawan Hendrawan yang Bisa Jegal Posisi Andritany di Timnas Indonesia

Kamis, 26 September 2019 15:54 WIB
Editor: Juni Adi
© Miftahuddin Halim/Radar Bali
Kiper Bali United Wawan Hendrawan Copyright: © Miftahuddin Halim/Radar Bali
Kiper Bali United Wawan Hendrawan

INDOSPORT.COM - Sebuah keputusan mengejutkan diambil oleh pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy jelang laga melawan Uni Emirat Arab dilanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Al Maktoum Stadium pada Kamis (10/10/19) mendatang.

Salah satu kiper tangguh di Liga 1, Wawan Hendrawan dipanggil oleh Simon. Kepastian itu diketahui dari surat pemanggilan dari PSSI dengan nomor 3945/AGB/1339/IX-2019.

Selain Wawan, beberapa pemain Bali United lainnya yang juga dipanggil ke Timnas Indonesia adalah Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly serta Irfan Bachdim.

"Pastinya selalu siap kapan pun. Karena tujuan pemain bola itu muaranya ke Timnas, itu pasti," ucap Wawan pada 9 September 2019 lalu.

Keempatnya dijadwalkan akan bergabung pada 1 Oktober 2019 untuk berkumpul melakukan pemusatan latihan di Jakarta nanti. Pemanggilan kiper yang dijuluki Spiderwan sendiri dinilai sebuah keputusan yang tepat.

Pasalnya, Wawan adalah salah satu kiper terbaik di Liga 1 saat ini yang bisa jadi pilihan menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia.

Sebab dalam dua laga awal melawan Malaysia dan Thailand, Andritany gagal tampil heroik bahkan tak sedikit melakukan blunder. Dari dua laga itu, ia kebobolan sebanyak 6 gol.

Lantas, apakah Wawan Hendrawan bisa lebih baik dari Andirtany Ardhiyasa? jawabnya tentu saja tidak ada yang tidak mungkin, andai kesempatan bermain diberikan kepadanya dari Simon McMenemy

Lalu apa kelebihan Wawan sehingga layak menjadi pilihan utama? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya.

Sebagai penjaga gawang, penampilan Wawan Hendrawan cukup mengagumkan bersama Bali United. Sebab, dirinya mampu mempertahankan konsistensi permainan sejak Liga 1 bergulir 2017 lalu.

Hal itu ia buktikan kala membantu Sedadu Tridatu meraih banyak cleansheet di putaran pertama Liga 1 musim 2019 ini. Total tujuh cleansheet ia ciptakan, dan baru kebobolan 12 kali dari 19 pertandingan.

Berbeda dengan Andritany yang musim ini tampil sangat buruk di liga domestik. Ia sudah kebobolan 11 gol dari 11 penampilannya dan hanya menciptakan 3 cleansheet.

Tak hanya tangguh, ia juga mempunyai kelebih lain yakni reflek menghalau bola yang cukup cekatan. Padahal, usianya sudah tidak muda lagi.

Di Liga 1 musim 2018 lalu, ia menempati urutan ke-2 sebagai kiper dengan penyelamatan terbanyak yakni sebanyak 84 saves. Dirinya hanya kalah satu penyelematan dari Teja Paku Alam di urutan pertama dengan 85 saves.

Untuk Liga 1 2017, Wawan juga unjuk gigi bersama Bali United. Dengan gelar runner-up untuk timnya, Wawan hanya kemasukan 18 gol dari 17 penampilannya di liga serta mencatat 8 kali cleansheet.

Adapun pertimbangan lain yang layak ditimbang oleh Simon McMenemy harus memilih Wawan Hendrawan adalah, dirinya saat ini menjadi pilar penting membawa Bali United berada di jalur juara.

Sedangkan Andritany, harus berjibaku membawa Persija menghindari zona degradasi. Dari fakta tersebut, sudah saatnya Simon McMenemy memberikan kesempatan kepada kiper lain untuk menjaga gawang Timnas Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%