Liga Indonesia

Membayangkan Formasi Tiga Bek Ala Edson Tavares di Persija Jakarta

Jumat, 27 September 2019 15:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© Takashi Aoyama/Getty Images
Araujo Tavares Edson kandidat pelatih Persija Jakarta. Copyright: © Takashi Aoyama/Getty Images
Araujo Tavares Edson kandidat pelatih Persija Jakarta.

INDOSPORT.COMEdson Tavares dapat menghadirkan nuansa baru di Persija Jakarta dengan formasi khasnya yang sering bermain menggunakan formasi tiga bek.

Tavares dikabarkan menjadi kandidat terkuat pelatih baru Persija Jakarta di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019. Menurut sumber terdekat, Tavares akan diperkenalkan dalam beberapa hari ke depan.

Pelatih asal Brasil itu terakhir melatih klub kasta kedua Liga Jepang (J2 League), Yokohama FC, selama musim 2017 hingga 2019. Selama membesut Yokohama FC pelatih asal Brasil ini lebih sering menggunakan taktik 3-5-2.

Bukan perkara mustahil nantinya apabila benar melatih Persija Jakarta, Tavares akan mengusung formasi tiga bek yang mengakomodasi dua wing back.

Sulit untuk membayangkan bagaimana Persija Jakarta bermain dengan sistem tersebut. Terlebih lagi, Macan Kemayoran telah lama identik dengan pakem 4-3-3.

Rasanya sulit tidak melihat Riko Simanjuntak berada di samping Marko Simic. Ketika ia dimundurkan ke posisi tiga gelandang tengah oleh Julio Banuelos, banyak yang menilai kalau itu tidak sesuai.

Formasi tiga bek dulunya memang subur di Liga Indonesia era 2000-an. Akan tetapi, untuk saat ini strategi tersebut memang belum terlalu banyak dipakai di Liga 1.

Djajang Nurjaman sempat memiliki visi bermain tiga bek di Persebaya Surabaya di awal musim 2019. Syafrianto Rusli juga pernah mencobanya di Semen Padang, namun gagal.

Tavares mungkin bisa berpikir dua kali untuk menerapkan formasi tiga bek di Persija Jakarta selama sisa paruh kedua. Namun demikian, tidak ada salahnya membayangkan formasi tiga bek di Persija Jakarta bakal seperti apa.

Maka dari itu, berikut portal berita olaharaga INDOSPORT menghadirkan formasi tiga bek ala Edson Tavares di Persija Jakarta.