Liga Indonesia

Di Puncak Klasemen Liga 1, Teco Desak Bali United Belajar dari Liverpool

Sabtu, 28 September 2019 10:11 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mewanti-wanti anak asuhnya untuk tetap berjuang keras meski kini berstatus pemuncak klasemen Shopee Liga 1 2019. Ada banyak cerita menyedihkan yang bisa jadi pelajaran Ilija Spasojevic dkk.

Liverpool menjadi tim yang paling diingat sedunia, terutama kejadian pada musim 2013-2014. The Reds pernah mencatatkan 16 laga beruntun tanpa kalah, dengan rincian 14 kemenangan serta dua kali hasil seri.

Liverpool memimpin klasemen Liga Inggris dari pekan ke-32, dengan keunggulan empat poin. Namun sialnya, dalam tiga partai terakhir Liga Inggris, mereka malah kalah dari Chelsea 0-2 serta ditahan imbang Crystal Palace 3-3. 

Kemenangan atas Newcastle United 2-1 pada pengujung kompetisi tak berarti apapun. Manchester City menyikat habis tiga partai sisa. Liverpool pada akhirnya gagal juara, karena hanya mengoleksi 84 poin, sementara City meraih 86 poin.

Peristiwa itu masih diingat siapapun, termasuk Teco. Pelatih asal Brasil ini menilai ada banyak contoh di berbagai negara, yang harus disadari penggawa Bali United. Meski kini unggul sembilan poin atas tim peringkat kedua, Tira Persikabo, gelar juara belum jadi jaminan.

"Musim lalu, Persib Bandung juga sama. Beberapa negara yang punya liga bagus, pemain sangat profesional, tapi juga hilang poin di akhir-akhir. Ini contoh bagus buat pemain tahu, pelatih tahu, buat kita kerja keras," ucap Teco kepada INDOSPORT.

"Kita harus kerja keras seperti di putaran pertama. Kalau kita bisa melakukan hal yang sama, kita pasti bisa dapat hasil yang sama juga," tutur Teco