Liga Inggris

Jadi Kapten Arsenal, Ini Kualitas Granit Xhaka yang Mampu Pukau Emery

Sabtu, 28 September 2019 13:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, dipilih jadi kapten setelah Laurent Koscielny hengkang. Copyright: © INDOSPORT
Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, dipilih jadi kapten setelah Laurent Koscielny hengkang.

INDOSPORT.COM – Unai Emery sangat yakin bahwa Granit Xhaka bisa mengemban tugas barunya sebagai kapten Arsenal yang baru di musim ini.

Granit Xhaka diresmikan sebagai kapten Arsenal baru, mengalahkan empat kandidat lainnya dalam pemungutan suara pemain, Jumat (27/09/19). Empat kandidat tersebut yakni Pierre-Emerick Aubameyang, Hector Bellerin, Alexandre Lacazette, dan Mesut Ozil.

Diyakini oleh Emery bahwa penunjukan ini bisa mengubah pandangan para pendukung terkait sosok Granit Xhaka, yang bahkan pada musim panas lalu nyaris dijual Arsenal ke klub lain.

Perlu diketahui, Xhaka bukanlah pemain yang populer di mata suporter The Gunners. Sejak awal kedatangannya, ia dinilai belum tampil sesuai ekspektasi, namun anggapan tersebut bisa jadi berubah ketika Xhaka mengemban tugas berat sebagai kapten Arsenal.

“Saya berbicara dengannya (Xhaka) dan kami ingin mengubah pendapat itu di luar rasa hormat yang dimilikinya di dalam sangat penting,” kata Emery dilansir dari Talksport.

“Tatapi juga untuk tampil di luar, terus bergerak maju, bermain, berkembang, perilaku, komitmen, dan dalam setiap pertandingan, baginya, saya, dan semua orang, jadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan kapasitasnya,” jelas sang pelatih.

“Tetapi sungguh, saya percaya padanya. Dia adalah pria yang baik, professional, pemain yang baik," ujar Emery ketika mendeskripsikan sosok Xhaka.

Gelandang 27 tahun itu ditunjuk setelah mampu mengemban sosok kapten dalam enam pertandingan The Gunners terakhir di semua kompetisi musim ini.

Untuk wakil kapten Arsenal sendiri, Unai Emery masih bingung untuk menentukannya. Ada dua nama yang membuat Emery bingung, yaitu Alexandre Lacazette atau Pierre-Emerick Aubameyang.

Di sisi lain, Arsenal saat ini sedang bersiap untuk menghadapi laga big match melawan Manchester United dalam pekan ke-7 Liga Inggris, Selasa (01/10/19) dini hari WIB di Old Trafford.