Liga Inggris

Liverpool Terancam Didiskualifikasi dari Piala Liga Inggris, Ada Apa Gerangan?

Sabtu, 28 September 2019 16:35 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© James Williamson/GettyImages
Selebrasi pemain Liverpool Copyright: © James Williamson/GettyImages
Selebrasi pemain Liverpool

INDOSPORT.COMLiverpool terancam didiskualifikasi Piala Liga Inggris 2019-2020. EFL sebagai pihak penyelenggara mencurigai adanya pemain yang tak memenuhi kriteria registrasi dalam laga babak ketiga, Kamis (26/9/19).

Dalam babak ketiga Piala Liga Inggris, Liverpool mengalahkan Milton Keynes Dons dengan skor 2-0. Pelatih Jurgen Klopp diketahui menurunkan 11 pemain berbeda dari laga sebelumnya dan memberikan debut kepada beberapa pemain muda.

Beberapa pemain muda yang mencatat debut senior ialah Caoimhin Kelleher, Rhian Brewster, dan Harvey Elliott. Tak hanya itu, Herbie Kane dan pemain anyar berusia 17 tahun, Sepp van den Berg, juga diberi kesempatan bermain sebagai pengganti.

EFL mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang mengusut kasus tersebut, namun mereka belum mau menyebutkan secara spesifik mengenai nama pemain yang bersangkutan. Hingga kini, otoritas tersebut belum mengeluarkan pernyataan soal Liverpool.

“Kami saat ini sedang mempertimbangkan keputusan untuk masalah ini,” ucap salah satu juru bicara EFL dikutip dari situs Mirror Football.

Di sisi lain, salah satu juru bicara Liverpool mengaku bahwa pihak klub tengah berusaha menyelesaikan masalah ini. The Reds akan mencoba membuktikan fakta mengenai status sah salah satu pemainnya yang diturunkan kemarin.

“Liverpool menyadari potensi masalah administrasi yang melibatkan salah satu pemain. Kami saat ini sedang bekerja dengan otoritas berwenang untuk membuktikan fakta. Kami tak akan membuat pernyataan sebelum EFL membuat keputusan,” ucap salah satu jubir Liverpool.

Liverpool hanya bisa pasrah dengan situasi ini. Satu-satunya skenario terbaik adalah tetap diperbolehkan bermain namun dijatuhi denda. Hal serupa pernah menimpa Sunderland yang bermasalah dengan status pemainnya pada 2014 lalu.

Liverpool sendiri dijadwalkan akan bertemu Arsenal di babak keempat Piala Liga Inggris. Jika batal digelar, kerugian tentu akan dirasakan oleh The Reds mengingat mereka akan bertindak sebagai tuan rumah dan berpeluang meraup pundi-pundi pemasukan dari tiket.