Liga Indonesia

Kabar Satria Febrian Putra, Bocah Bandung yang Jadi Top Skor Piala Dunia U-12 2017

Minggu, 29 September 2019 16:37 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Danone Nations Cup
Sepakbola Indonesia Danone Nations Cup lolos ke babak 16 besar. Copyright: © Danone Nations Cup
Sepakbola Indonesia Danone Nations Cup lolos ke babak 16 besar.

INDOSPORT.COM- Lama tak terdengar namanya, bagaimana kabar pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia U-12, Satria Febrian Putra saat ini?

Pada tahun 2017 silam, Indonesia dikejutkan dengan sebuah berita tentang keberhasilan Timnas Indonesia U-12 yang sukses melenggang ke Piala Dunia U-12.

Sebenarnya, Piala Dunia U-12 sendiri merupakan salah satu dari program Danone Nations Cup. Namun, prestasi yang diukir oleh para pemain Indonesia U-12, tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Bagaimana tidak, saat itu Garuda Muda bersaing dengan negara-negara yang memang dikenal sebagai negara sepak bola. Misalnya, Brasil, Argentina, Spanyol hingga Jerman.

Walau tidak diunggulkan, Indonesia nyatanya sukses mengejutkan partisipan lainnya berkat permainan yang apik. Bahkan, mereka sukses melenggang hingga putaran 16 besar, walau pada akhirnya harus terhenti karena kalah 0-2 dari Meksiko.

Namun, prestasi tetap prestasi. Timnas Indonesia U-12 pun mendapatkan kredit yang positif dari tim pelatih dari negara lain yang turut ambil bagian di kompetisi itu.

Di balik kesuksesan para pemain Garuda Muda di ajang tersebut. Sejatinya, terdapat satu sosok yang benar-benar mencuri perhatian. Ialah, Satria Febrian Putra, yang sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan raihan tujuh gol.

Walau berhasil mengondol salah satu trofi prestisius. Nama Satria saat ini menghilang bak ditelan ombak. Kemana kah dia? INDOSPORT pun coba menguliknya untuk mencari jawaban tersebut. 

Gabung Persib dan Sempat Seleksi Timnas U-15 dan U-16

© PERSIB.co.id/Pandu Persada
Skuat Persib Bandung U-16. Copyright: PERSIB.co.id/Pandu PersadaSkuat Persib Bandung U-16.

Usai mengakhiri Piala Dunia U-12 2017, Satria dilaporkan langsung bergabung dengan salah satu klub besar di Tanah Air, yakni Persib Bandung.

Kabar ini sendiri diketahui berkat rilis yang disiarkan oleh Maung Bandung dalam situs resminya. Beberapa kali ia disebutkan sedang mengikuti seleksi untuk Timnas U-15 dan U-16 Indonesia.

"Ketiga pemain Persib U-16 yang dipanggil adalah Dimas Juliono Pamungkas, Ariel Gunawan, dan Satria Febrian Putra Priatna."

"Seleksi pemain ini merupakan tahap pertama dari rangkaian persiapan Tim Nasional menghadapi Piala AFF U-15 2019 dan kualifikasi Piala Asia U-16 tahun 2020 mendatang," penggal informasi dari rilis tersebut.

Pernah Latihan di Akademi Juventus

Tak banyak yang tahu bahwa dua tahun setelah Piala Dunia U-12 2017, Satria ternyata pernah mengasah kemampuannya di akademi Juventus.

Hal itu sendiri terjadi pada bulan Mei 2019, di mana Satria bersama empat pemain lainnya dari Persib U-16 untuk mengikuti kegiatan ini setelah diamati oleh talent scouting Tim Indonesia SMP. 

Nantinya, mereka akan mewakili sekolahnya masing-masing dan bergabung dengan 17 pemain lainnya yang sudah disaring dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti program latihan bersama Si Nyonya Tua di Tokyo, Jepang.