Liga Indonesia

Kalteng Putra Terperosok ke Zona Degradasi, Begini Komentar Gomes de Oliveira

Senin, 30 September 2019 20:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira.

INDOSPORT.COM - Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, siap menerima konsekuensi dari penurunan prestasi tim di putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Sempat masuk deretan teratas, Gede Sukadana dkk. kini malah terjun bebas ke zona degradasi.

Penurunan performa ini cukup mengejutkan mengingat performa Kalteng Putra selama masa persiapan menunjukkan prestasi bagus. Mereka bisa menembus semifinal Piala Presiden 2019, bahkan dalam tiga laga awal musim mencatatkan dua kemenangan serta sekali imbang.

Namun, dalam delapan partai terakhir, Kalteng Putra hanya mencatatkan sekali kemenangan, tiga imbang, dan menderita lima kekalahan. Mereka kini menghuni peringkat ke-16 dengan perolehan 19 poin dari 20 laga.

Gomes de Oliveira menyadari bahwa situasi semacam ini tak diharapkan. Dia siap jika memang keputusan diambil manajemen Kalteng Putra, namun dia menyebut hasil baik maupun hasil buruk bukan soal kinerjanya saja.

"Kalteng Putra bukan cuma saya sendiri, banyak yang harus dilihat, banyak faktor. Saya tahan banyak hal di sini untuk jaga kekompakan pemain. Mereka bisa tetap fight  karena kami kerja sama dengan benar," ucap Gomes kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (29/9/19).

Gomes melihat kans timnya naik ke papan tengah masih sangat terbuka. Kalteng Putra menyimpan delapan laga kandang. Dengan perjuangan yang ditunjukkan dalam laga kontra Bali United, pelatih berpaspor Brasil itu yakin bisa bangkit.

"Masih ada delapan laga kandang. Saya juga meyakini kami bisa meraih poin di laga tandang. Peluang untuk keluar dari zona degradasi masih besar sekali. Dengan kualitas, dengan perjuangan yang kami lakukan, sangat bisa," pungkas Gomes de Oliveira.