Bola Internasional

Hampir Setahun, FIFA Jatuhkan Putusan Terkait Polemik Transfer Emiliano Sala

Selasa, 1 Oktober 2019 11:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Instagram @emilianosala9
Isu transfer Emiliano Sala yang menjadi perdebatan Cardiff City dan Nantes kini menemui titik terang. Copyright: © Instagram @emilianosala9
Isu transfer Emiliano Sala yang menjadi perdebatan Cardiff City dan Nantes kini menemui titik terang.

INDOSPORT.COM – Badan sepak bola dunia (FIFA) memerintahkan Cardiff City membayar 6 juta euro kepada Nantes sebagai mahar transfer Emiliano Sala yang meninggal akibat kecelakaan pesawat Januari lalu.

Dilansir dari laman The Guardian, Komite Status Pemain FIFA, yang dipimpin oleh pengacara senior Afrika Selatan, Taymon Hack, telah melangsungkan pertemuan pada Rabu (25/09/19).

Pada pertemuan itu, FIFA memutuskan Cardiff City sebagai pihak yang kalah atas perselisihan dengan Nantes terkait kontrak Emiliano Sala di bursa transfer.

“Komite Status Pemain FIFA menetapkan Cardiff City harus membayar Nantes sejumlah 6 juta euro (Rp92 miliar), sesuai dengan angsuran pertama yang jatuh tempo,

"Dengan perjanjian transfer yang disepakati antara kedua belah pihak pada 19 Januari 2019 untuk transfer Emiliano Sala dari Nantes ke Cardiff,” demikian kata FIFA dalam pernyataannya.

FIFA juga mengatakan pihak mereka tidak pernah kehilangan pandangan tentang keadaan unik dan spesifik dari situasi tragis (kematian Emiliano Sala) selama mempertimbangkan kasus ini.

FIFA mengklaim telah memberi tahu keputusan ini kepada kedua klub. Dalam jangka 10 hari, Cardiff City dan Nantes akan mendapat salinan dasar putusan yang bisa digunakan sebagai banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga.

© INDOSPORT
Momen untuk Emiliano Sala Copyright: INDOSPORTMomen mengenang Emiliano Sala dari Cardiff City.

Perlu diingatkan kembali, Emiliano Sala telah menyegel kesepakatan transfer pada 21 Januari 2019 lalu dengan Cardiff City. Nahasnya, dia meninggal dalam perjalanan dari Nantes ke Cardiff ketika pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan.

Status kontrak Sala pun menjadi masalah bagi Cardiff City dan Nantes. Nantes menuntut Cardiff City memenuhi kewajibannya membayar biaya transfer dengan dua kali angsuran.

Akan tetapi, Cardiff City menolak membayar karena menganggap kontrak itu belum selesai secara hukum sehingga membuat Nantes membawa kasus ini ke FIFA.

Pada akhir Agustus lalu, FIFA mengirim surat ke Cardiff City dan Nantes meminta agar klub mencapai kesepakatan untuk membayar transfer Sala. Namun, perjanjian itu tidak terwujud sehingga FIFA turun tangan memutuskannya.

Bulan lalu, para penyelidik menyatakan Emiliano Sala meninggal dunia akibat paparan karbon monoksida. Gas itu disinyalir juga mengenai pilot pesawatnya, Dave Ibbotson, sehingga menyebabkan pesawat hilang kendali.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%