Liga Indonesia

Hampir 2 Bulan di Bandung, Pemain Asing Persib Mulai Pede Berbahasa Indonesia

Selasa, 1 Oktober 2019 09:33 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© lc.nl
Pemain asing Persib, Kevin van Kippersluis, mulai merasa percaya diri berbicara berbahasa Indonesia setelah hampir dua bulan berada di Bandung. Copyright: © lc.nl
Pemain asing Persib, Kevin van Kippersluis, mulai merasa percaya diri berbicara berbahasa Indonesia setelah hampir dua bulan berada di Bandung.

INDOSPORT.COMKevin van Kippersluis tercatat hampir dua bulan berada di Bandung sejak menginjakkan kaki pada 17 Agustus 2019 lalu. Saat ini, pemain asal Belanda tersebut mulai merasa percaya diri untuk berbicara berbahasa Indonesia.

“Saya sudah belajar banyak. ‘Bagus’, ‘apa kabar’, ‘kiri’, ‘kanan’, ‘satu, dua, tiga, empat, lima’. Saya akan terus belajar banyak dan akan terus menambah kosa kata Bahasa Indonesia lainnya,” ucap Kippersluis dilansir dari situs Viking Persib.

Eks pemain SC Cambuur itu mengaku telah menghafal beberapa kosa kata Indonesia yang biasa dipergunakan di atas lapangan. Hal tersebut ia lakukan agar lebih mudah berkomunikasi dengan pemain lain.

Namun, untuk sehari-hari, ia masih lebih banyak berbahasa Inggris. Ia mengaku sering mengajak bicara semua rekannya dengan bahasa tersebut. Menurutnya, Bahasa Inggris menjadi solusi di tengah-tengah adanya kendala bahasa.

“Kami (dengan para pemain) mengobrol dengan menggunakan Bahasa Inggris. Beberapa pemain pun akhirnya belajar Bahasa Inggris karena sifatnya lebih universal. Meski begitu, saya akan terus mencoba berbahasa Indonesia,” lanjutnya.

Setelah didatangkan bersama Nick Kuipers dan Omid Nazari, Kippersluis langsung menembus tim utama Persib di ajang Shopee Liga 1. Setelah beberapa hari menginjakkan kaki di Indonesia, ia langsung diberikan debut dalam laga kandang melawan PSS Sleman pada pekan ke-17.

Kevin van Kippersluis hingga saat ini terus menghiasi susunan tim utama Persib Bandung. Pemain depan ini belum kunjung bisa mencetak gol. Meski begitu, ia telah memberikan satu assist kepada Ezechiel N’Douassel dalam laga melawan Persipura Jayapura.