Liga Indonesia

Termasuk Persija, Ini 7 Klub Liga 1 yang Belum Pernah Terdegradasi

Jumat, 4 Oktober 2019 18:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Logo PSM Makassar vs Persija Jakarta Copyright: © INDOSPORT
Logo PSM Makassar vs Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Ada tujuh klub di Indonesia yang selalu bermain di kasta teratas alias belum pernah terdegradasi sejak era liga profesional Indonesian Super League (ISL) 2008/09 lalu. 

Degradasinya Sriwijaya FC ke Liga 2 pada musim lalu memang patut disayangkan. Sebab, Laskar Wong sejak berdiri sudah dikenal sebagai tim besar yang pernah merasakan dua gelar liga dan tiga Piala Indonesia. 

Sriwijaya pun menyusul Persiba Balikpapan yang lebih dulu terdegradasi pada 2017. Dengan Sriwijaya dan Persiba yang turun di kasta kedua, saat ini pun hanya tersisa tujuh tim di liga utama yang belum pernah merasakan turun kasta. Siapa saja ketujuh tim tersebut? Berikut pembahasannya. 

1. Persib Bandung

Persib Bandung lama dikenal sebagai tim besar di Indonesia. Degradasi pun tidak ada dalam kamus tim Maung Bandung, bahkan sejak era unifikasi liga tahun 1994/05. 

Persib terus menjadi favorit juara baik saat di era ISL maupun Liga 1. Pada 2014 lalu, Maung Bandung pun berhasil merengkuh gelar keduanya. Bahkan, pada 2018 mereka hampir meraih juara jika saja tak tersandung sanksi. 

2. Persija Jakarta

Sama seperti Persib, Persija Jakarta adalah salah satu tim elite di Indonesia. Persija sejak era  ISL 2008/09 sampai Liga 1 2017, belum pernah terdegradasi. 

Persija pun sudah mengoleksi dua gelar juara liga semenjak unifikasi Liga Indonesia dilakukan. Teranyar, Macan Kemayoran merasakannya musim 2018 lalu. 

Namun begitu, Persija mesti was-was lantaran pada musim 2019 ini mereka masih berkutat di zona degradasi menjelang paruh musim. 

3. PSM Makassar

Selain sebagai tim tertua, PSM Makassar juga dikenal sebagai tim yang belum pernah terdegradasi sejak masa ISL sampai Liga 1. 

Walau baru meraih satu gelar Liga Indonesia, namun PSM jadi tim paling konsisten yang hampir selalu menghuni papan atas dan bersaing di jalur juara. 

4. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura merupakan tim paling sukses di Indonesia sejak era Divisi Utama dan ISL. Bagaimana tidak, tim Mutiara Hitam total telah merengkuh empat gelar juara, tiga di antaranya di era ISL. 

Maka tak heran jika Persipura masuk dalam tujuh tim yang belum pernah terdegradasi ke kasta kedua sejak era Indonesian Super League.

5. Arema FC

Arema juga adalah salah satu tim besar di tanah air yang belum merasakan degradasi sejak era ISL 2008/09. Bahkan, Arema pernah merasakan satu gelar juara pada 2010 lalu ketika masih dibesut Robert Rene Alberts. Arema kini pun tengah berjuang untuk bersaing di papan atas.

6. Madura United

Madura United adalah tim yang baru berdiri pada 2016. Namun, klub ini adalah penjelmaan dari klub Pelita Bandung Raya yang sebelumnya adalah Pelita Jaya. 

Baik Pelita Jaya maupun Pelita Bandung Raya sama-sama belum pernah terdegradasi sejak era ISL 2008/09. 

7. Persela Lamongan

Persela bisa dibilang klub yang paling 'lemah' di antara daftar yang ada ini. Namun begitu, Persela menunjukkan sebagai tim yang mampu tampil konsisten. 

Walau jarak menembus papan atas, namun Persela mampu menjaga posisi mereka di papan tengah atau minimal di atas zona degradasi. Sebuah prestasi yang patut diacungi jempol ketika klub lain seperti mereka harus naik turun kasta.