Liga Indonesia

Apa Kabar Sujana? Striker Persib Pencetak Gol Salto ke Gawang Persija

Rabu, 2 Oktober 2019 20:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Persib.co.id
Sujana, mantan pemain Persib Bandung Copyright: © Persib.co.id
Sujana, mantan pemain Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Bobotoh di era tahun 2000-an mungkin tidak asing dengan pemain yang dijuluki Sujagol, striker lokal andalan tim Persib Bandung di masa itu. 

Saat menjadi pemain Persib, Sujana sempat mencetak gol indah ke gawang Persija Jakarta melalui tendangan salto. Namun, pada pertandingan Liga Indonesia musim 2002 tersebut, skuat Maung Bandung harus bermain imbang dengan Macan Kemayoran di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Karena, gawang Maung Bandung saat itu kebobolan lewat gol kontroversial Budi Sudarsono. 

"Cetak gol yang gak bakal dilupakan pas lawan Persija, karena sebelumnya saya ingin memberikan yang terbaik bagi Persib, kita bisa bikin gol di Siliwangi prosesnya balik Bandung (salto), di situ 1-1," kenang Sujana kepada INDOSPORT.COM, Rabu (02/10/19). 

"Saat itu, Persib menang dulu tapi ada kejadian yang seharusnya fair play, Budi langsung tendang bola ke gawang Persib, semuanya pada diam karena semua menyangka fair play," ucapnya menambahkan. 

Setelah memperkuat Persib sekitar lima tahun, Sujana sempat memperkuat beberapa klub di Indonesia seperti PKT Bontang hingga Persika Karawang. 

"Saya dulu dari 1998 sampai 2003 di Persib, tapi sebelumnya di Persib remaja, junior, dan ada Persib selection, Persib A dan B dulu jadi susah mau ke Persib itu, jadi keluar dulu cari pengalaman," ucapnya. 

"Saya di Persib beres 2003 langsung ke PKT di 2003 - 2004, 2004 ke Persikabo setahun, di Depok setahun, Riau setahun, Menado setaun terakhir di Karawang," jelasnya. 

Meski sudah gantung sepatu dari profesinya sebagai pesepakbola profesional, namun Sujana masih aktif di dunia sepak bola. Saat ini, pria yang juga tercatat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Bandung ini melatih pemain usia dini di salah satu Sekolah Sepak Bola (SSB). 

"Aktivitas gak bisa lepas dari sepak bola, karena itu cita-cita saya dari kecil saya hobi maen bola. Sekarang saya melatih SSB, megang Jatira," ungkapnya. 

Bahkan, karirnya menjadi pelatih di kelompok usia bisa dikatakan gemilang, yakni pernah membawa Saswco U-15 berlaga di turnamen Nike Premier Cup 2016 di Thailand. Saat itu, Saswco diperkuat Beckham Putra Nugraha yang saat ini memperkuat Persib Bandung dan Timnas Indonesia U-19.  

"Saya juga pernah pegang Beckham cs waktu masih kecil, semua jadi pemain alhamdulillah dulu pas di Saswco juara di Piala Menpora, yang kelahiran 2001 juara Asia juga di Thailand," ucapnya. 

Sujana tak menampik ingin berkarier sebagai pelatih yang bisa menangani klub peserta Liga 1. Hanya saja, menurutnya masih butuh proses untuk menjadi pelatih profesional dan menangani klub peserta kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

"Pasti ingin suatu saat jadi pelatih pro, tapi kan harus ada lisensi sekarang ada aturannya. Sekarang baru pegang lisensi C AFC, ingin ngejar B dan lanjut ke A AFC. Pasti ingin memberikan ilmu yang didapat, tapi bertahap sekarang di usia dini dulu," pungkasnya. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%