Liga Champions

Fakta-fakta Menarik Usai Laga Liga Champions dari Grup A-D

Rabu, 2 Oktober 2019 08:08 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Kompetisi kasta tertinggi antar klub di Benua Biru, Liga Champions musim 2019-2020 baru saja rampung menggelar matchday ke-2 dari Grup A hingga D pada Rabu (02/101/9) dini hari tadi WIB.

Total ada delapan pertandingan yang dilaksanakan. Hasilnya, tim-tim besar sarat pengelaman masih mendominasi kemenangan.

Beberapa diantaranya adalah Juventus menang atas tamunya Bayer Leverkusen dengan skor 3-0, Atletico Madrid menang atas tuan rumah Lokomotiv Moskow dengan skor 2-0.

Manchester City menang 2-0 atas wakil Kroasia, Dinamo Zagreb dengan skor 2-0, lalu ada Paris Saint-Germain yang hanya menang tipis 1-0 atas Galatasaray.

Kemudian ada hasil mengejutkan yang terjadi di laga Tottenham Hotspur vs Bayern Munchen, dan Real Madrid vs Club Brugge.

Secara sadis Munchen membantai tuan rumah Spurs dengan skor akhir 7-2, sementara El Real hanya bisa bermain imbang 2-2 dari Club Brugge dan sempat tertinggal dua kali lebih dahulu.

Hasil pertandingan di atas juga mempengaruhi lahirnya sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut rangkumannya dilansir dari Opta:

1. Sumbangan 1 gol Sergio Ramos ke gawang Club Brugge melalui sundulan, mengokohkan dirinya adalah seorang bek yang produktif. Sejak musim 2003/04, tak ada bek yang mampu mencetak gol dari sundulan sebanyak Ramos yakni 7 gol sundulan.

2. Ini adalah kali kedua Real Madrid terhindar dari kekalahan setelah tertinggi 2 gol lebih dahulu dari lawan, di Liga Champions. Terakhir kali terjadi pada tahun 2006, saat El Real bertemu Dynamo Kiev yang berakhir imbang 2-2.

3. Real Madrid gagal memenangkan dua pertandingan pertama di Liga Champions untuk pertama kalinya (D1 L1).

4. Tottenham telah kebobolan empat gol dalam pertandingan kandang di kompetisi Eropa untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya mereka juga mengalami hal serupa saat bertemu Barcelona di penyisihan grup Liga Champions musim lalu dengan skor 4-2.

5. Robert Lewandowski telah mencetak 13 gol hanya dalam 10 penampilan di semua kompetisi untuk Bayern Munchen musim ini, lebih dari pemain lain di lima besar liga top Eropa. 

6. Sumbangan 1 gol Harry Kane ke gawang Bayern Munchen, membuat dirinya jadi pencetak gol terbanyak ke gawang tim Jerman di Liga Champions dengan 5 gol, daripada lawan-lawan dari negara lain yang ia hadapi.

7. Kekalahan 2-7 Tottenham dari Bayern Munchen adalah margin kekalahan terbesar yang pernah dialami tim Inggris di kandang di kompetisi Eropa manapun.

8. Raheem Sterling telah terlibat langsung dalam 18 gol di 16 penampilan kandang terakhirnya di Liga Champions untuk Manchester City (11 gol, tujuh assist), mencetak atau membantu setidaknya sekali dalam 12 dari 13 pertandingan terakhirnya.

9. Berumur 19 tahun dan 325 hari, Joao Felix telah menjadi pencetak gol termuda Atletico Madrid di Liga Champions, menyalip Sergio Aguero (20 tahun 106 hari melawan PSV pada September 2008).

10. Cristiano Ronaldo telah mencetak 33 gol ke gawang tim berbeda di Liga Champions menyamai Raul Gonzales.