Liga Italia

6 Kapten Terbaik yang Pernah Dimiliki AC Milan

Jumat, 4 Oktober 2019 09:43 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Oliver Behrendt/ullstein bild via Getty Images
Paolo Maldini menjadi roh di pertahanan Milan saat masih aktif bermain sebagai pesepakbola. Copyright: © Oliver Behrendt/ullstein bild via Getty Images
Paolo Maldini menjadi roh di pertahanan Milan saat masih aktif bermain sebagai pesepakbola.

INDOSPORT.COM - Kapten merupakan salah satu peran paling penting dalam sepak bola. Secara umum, jabatan kapten dipegang oleh pemain yang punya peran penting.

Mulai dari andalan tim, sampai pemain yang hampir selalu dimainkan di dalam starting eleven.

Peran kapten juga penting di klub AC Milan. Sebagai salah klub terbesar di Eropa dan dunia, Milan pun memiliki sejumlah kapten legendaris yang namanya terus dikenang dalam sejarah kesuksesan mereka. 

Berikut ini kami ranking enam kapten terbaik yang pernah dimiliki AC Milan

6. Massimo Ambrosini (2009-2012)

© Instagram
Massimo Ambrosini (kiri) saat menghadapi pemain anyar Persib Bandung, Omid Nazari (kanan). Copyright: InstagramMassimo Ambrosini (tengah) saat menghadapi pemain anyar Persib Bandung, Omid Nazari (kanan).

Massimo Ambrosini merupakan salah satu pemain loyal di AC Milan. Ia telah membela AC Milan sejak tahun 1995. 

Ambrosini merupakan salah satu gelandang terbaik Italia pada masanya. Sayang, karena cedera kambuhan, ia sering absen dari tim Milan.

Jarang bagi Ambrosini untuk tampil penuh dalam 34-38 pekan semusim. Namun begitu, ketika sedang fit dan diturunkan, dirinya menjelma jadi gelandang yang hebat.

Memiliki fisik prima dan kemampuan merebut dan menjaga bola yang baik, ia pun jadi andalan lini tengah. Ambrosini merasakan banyak kesuksesan di Milan termasuk empat scudetto dan dua Piala Champions. 

Karena loyalitasnya, pada 2009 ia dinobatkan menjadi kapten AC Milan menggantikan Paolo Maldini. Ambrosini menjadi kapten Milan sampai tahun 2012, tahun di mana ia hengkang. 

5. Nils Liedholm (1956-1961)

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: Gunnar Nordahl, Nils Liedholm, dan Gunnar Gren. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTKiri-kanan: Gunnar Nordahl, Nils Liedholm, dan Gunnar Gren.

Niels Liedholm merupakan sosok protagonis dalam masa keemasan pertama AC Milan pada pertengahan 50-an sampai awal 60-an. 

Ia adalah anggota dari trio Swedia bersama Gunnar Nordhal dan Gunnar Gren. Nils Liedholm ditunjuk jadi kapten utama Milan pada tahun 1956 menggantikan Gunnar Nordahl. 

Selain karena jasanya yang besar, ia tergolong pemain yang loyal untuk Milan. Ia membela Milan sedari 1949-1961. Itulah sebabnya ia dipilih menjadi kapten tim.

Sebagai gelandang, Liedholm memiliki kemampuan baik dalam penguasaan bola. Total, Liedholm mencatatkan 359 penampilan dan mencetak 81 gol untuk Rossoneri. Sebagai pemain, ia pernah merasakan empat gelar scudetto bersama Milan.

4. Cesare Maldini (1961-1966)

© La Gazzetta dello Sport
Cesare Maldini & Paolo Maldini Copyright: La Gazzetta dello SportCesare Maldini & Paolo Maldini

Cesare Maldini merupakan salah satu pemain dan pelatih sepak bola terbaik yang pernah dimiliki Italia. 

Ayah dari Paolo Maldini ini adalah bagian dari kesuksesan AC Milan menguasai Eropa dan Italia di dekade 60-an. 

Ia merupakan salah satu pemain loyal Milan. Cesare bergabung bersama AC Milan dari 1954-1966. Ia ditunjuk menjadi kapten dari tahun 1961 sampai tahun 1966. 

Sebagai kapten, ia turut mengantarkan Milan meraih juara Piala Champions tahun 1963 setelah sebelumnya merebut scudetto pada musim 1961-1962.

Total, ia merasakan empat gelar scudetto, satu Piala Champions, dan satu Latin Cup. 

3. Gianni Rivera (1966-1979)

© Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Gianni Rivera Copyright: Grafis: Muproni/INDOSPORT-InternetGianni Rivera

Gianni Rivera alias Si Nomor 10. Rivera menjadi begitu ikonik di AC Milan pada dekade 70-an. 

Bergabung dengan AC Milan sejak 1960, Rivera muda sudah digadang-gadang bakal menjadi bintang besar. 

Prediksi itu pun benar adanya. Ia menjadi penyerang lubang terbaik Italia pada masanya. Selama 19 tahun membela Milan, ia merebut 3 gelar Scudetto, 4 Coppa Italia, 3 Piala Winners, 2 Piala Champions, dan gelar pribadi Ballon d'Or tahun 1969. 

Rivera menjabat sebagai kapten Milan dari 1966 sampai 1979 menggantikan Cesare Maldini. Bisa dibilang, selain sebagai kapten, ia adalah pemilik Nomor 10 terbaik yang pernah dimiliki Milan. 

2. Paolo Maldini (1997-2009)

© Scoopnest
Paolo Maldini saat debut pertama kali bersama AC Milan. Copyright: ScoopnestPaolo Maldini saat debut pertama kali bersama AC Milan.

Jika bicara AC Milan, maka nama Paolo Maldini mungkin langsung muncul di ingatan kita. Ya, Paolo Maldini begitu melekat dengan Rossoneri. 

Wajar memang, lantaran ia menghabiskan seluruh karier sepak bolanya di klub AC Milan.

Sejak debut profesional pada 1984 sampai pensiun pada 2009 lalu, total Maldini telah merasakan 7 gelar scudetto, 5 Liga Champions, 5 gelar Super Eropa, 2 Piala Interkontinental, dan 1 Piala Dunia Antarklub. 

Ia mulai ditunjuk sebagai kapten Milan pada 1997 menggantikan Franco Baressi. Ia meletakan jabatan kapten pada 2009 tahun di mana ia pensiun sebagai pemain sepak bola profesional. 

1. Franco Baresi (1982-1997)

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESFranco Baresi saat sudah pensiun sebagai pemain. 

Milan memiliki banyak kapten hebat. Namun, dari sekian nama-nama besar yang ada, Franco Baresi adalah yang paling besar.

Sama seperti Maldini, Franco Baresi menghabiskan seluruh kariernya di AC Milan. Baresi memperkuat Milan dari tahun 1977-1997 dengan catatan 719 pertandingan dan 33 gol. 

Baresi ditunjuk sebagai kapten Milan sejak tahun 1982 sampai 1997. Selama membela Rossoneri, pemain berposisi bek ini telah meraih 6 scudetto, 3 Liga Champions, 3 Super Eropa, 4 Piala Super Italia, dan 2 Piala Interkontinental.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%