Bola Internasional

Kisah Sedih Marc Andre Ter Stegen Selalu Diduakan Oleh Timnas Jerman

Jumat, 4 Oktober 2019 21:05 WIB
Editor: Coro Mountana
© NurPhoto/GettyImages
Marc-Andre ter Stegen, kiper Barcelona. Copyright: © NurPhoto/GettyImages
Marc-Andre ter Stegen, kiper Barcelona.

INDOSPORT.COM – Di balik ketangguhan seorang Marc Andre Ter Stegen dalam mengawal gawang Barcelona, ternyata ada secuplik kisah sedihnya yang selalu diduakan oleh Timnas Jerman.

Pecinta Liga Spanyol akhir pekan kemarin baru saja dikejutkan dengan aksi Ter Stegen yang sukses memberikan asis bagi Luis Suarez dalam kemenangan Barcelona atas Getafe. Menurut Opta, Ter Stegen menjadi kiper Barcelona pertama yang sukses menciptakan asis di abad ke-21.

Tak hanya itu, Ter Stegen pun tampil apik dalam laga itu dengan mempertahankan kesucian gawang Barcelona dari serbuan penyerang Getafe. Sehingga Barcelona pun menang atas Getafe dengan clean sheets berkat sejumlah penyelamatan gemilang Ter Stegen.

Lalu di pertandingan perdana Liga Champions musim ini, Ter Stegen juga menjadi pahlawan bagi Barcelona usai menepis tendangan penalti dari penyerang Borussia Dortmund sehingga skor tetap imbang tanpa gol.

Penampilan gemilang Ter Stegen bersama Barcelona sejatinya memang sudah terlihat sejak musim lalu saat dirinya tampil begitu konsisten. Barcelona pun sukses dihantarkan meraih titel Liga Spanyol dan mancapai semifinal Liga Champions.

Namun di balik kegemilangan Ter Stegen yang dianggap sebagai salah satu pemain terpenting Barcelona saat ini selain Lionel Messi, ternyata dirinya selalu diduakan oleh Timnas Jerman. Sekadar informasi, penjaga gawang utama Timnas Jerman saat ini masih dipegang Manuel Neuer.

Padahal banyak pengamat sepak bola sudah berpendapat bahwa Neuer telah mengalami penurunan peforma secara signifikan sejak sembuh dari cedera parah yang menimpanya jelang Piala Dunia 2018.

Sebenarnya penunjukan Neuer sebagai kiper utama Jerman di Piala Dunia 2018 juga menuai kontroversial.

Bagaimana tidak, Ter Stegen di tahun 2018 sedang dalam puncak peformanya bersama Barcelona tidak diberikan jatah sebagai kiper utama. Hal itu dikarenakan kiper utama diberikan kepada Neuer yang padahal baru sembuh dari cedera parahnya.

Seusai Piala Dunia 2018, ternyata posisi kiper inti Timnas Jerman tetap menjadi Neuer yang sebenarnya peformanya masih kalah mengkilap dengan Ter Stegen. Di dua laga terakhir Timnas Jerman melawan Belanda dan Irlandia Utara saja, posisi kiper tetap menjadi hak milik Neuer.

Hal ini tentu sedikit banyak mengundang simpati bagi Marc-Andre ter Stegen yang telah bermain begitu luar biasa bersama Barcelona tapi justru diduakan oleh Timnas Jerman yang lebih memilih Neuer, veteran dari Bayern Munchen.