Bola Internasional

3 Pemain Bintang Eropa yang Masih Mencari Klub Baru, Tim Liga 1 Berminat?

Sabtu, 5 Oktober 2019 06:48 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Claudio Marchisio, gelandang serang Juventus. Copyright: © Getty Images
Claudio Marchisio, gelandang serang Juventus.

INDOSPORT.COM - Bursa transfer pemain di liga-liga Eropa telah resmi ditutup pada akhir Agustus 2019 lalu. Namun, hal itu tidak berlaku bagi pemain dengan status free agent atau bebas transfer.

Sebab, proses perekrutan pemain gratisan itu tidak dibatasi oleh peraturan bursa transfer FIFA maupun UEFA, seperti membeli pemain resmi yang terikat kontrak oleh klub lain.

Mendatangkan pemain gratisan kadang menjadi alternatif bagi tim-tim di liga top Eropa yang tidak mempunyai dana besar, untuk melakukan aktivitas belanja di setiap jendela transfer.

Apalagi banyak pemain dari daftar gratisan yang juga berlabel bintang, karena mereka tidak menemui kata sepakat dengan klub lamanya saat kontraknya sudah menyisakan enam bulan lagi.

Seperti beberapa pemain bintang ini yang masih bisa direkrut secara gratis, termasuk tim-tim di Liga 1 jika ada yang berminat. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

1. Hatem Ben Arfa

© espn.co.uk
Ben Arfa Copyright: espn.co.ukBen Arfa saat masih di PSG.

Jika ada klub yang bersedia menampung mantan top skor Timnas Prancis U-17, dan sedikit mempunyai tindakan disiplin di luar lapangan, Hatem Ben Arfa adalah pilihannya. Kemampuan mantan pemain Necastle United dan Paris Saint-Germain ini sejatinya belumlah habis. 

Hal itu sudah ia buktikan kala membela Rennes di Ligue 1 Prancis musim lalu, kala mencetak tujuh gol dan membuat dua assist dalam 26 penampilannya. Pada usia 32 tahun, dia pasti masih mampu bersaing dan bermain di level tertinggi selama beberapa tahun lagi.

2. Claudio Marchisio

© Getty Images
Claudio Marchisio pada laga saat melawan Genoa. Copyright: Getty ImagesClaudio Marchisio saat masih berseragam Juventus.

Claudio Marchisio merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik di Serie A Italia dalam beberapa tahun terakhir. Namun, pada tahun 2018 dirinya harus menerima kenyataan pahit yakni terdepak dari klub yang telah membesarkan namanya, Juventus. 

Berstatus bebas transfer dan mempunyai kemampuan cukup baik, tidak membuat Marchisio kesulitan mendapatkan klub baru. Zenit Saint-Petersburg.

Namun, hanya semusim kontrak pemain berusia 33 tahun itu tidak diperpanjang oleh Zenit karena alasan cedera, dan kini berstatus bebas transfer.

3. Jose Mauri

© AC Milan Offside
Jose Mauri saat masih membela AC Milan Copyright: AC Milan OffsideJose Mauri saat masih membela AC Milan

Jose Mauri memulau karier sepak bola profesionalnya di Parma. Ia kemudian pindah ke AC Milan, setelah Parma terdegradasi ke Serie D pada 2015 lalu.

Masih muda dan mempunyai talenta berbakat, membuat Milan disebut-sebut telah membuat keputusan yang cerdas karena merekrutnya pada saat itu.

Namun seiring berjalannya waktu, Mauri gagal menampilkan performa terbaiknya. Ia hanya membuat 11 penampilan di Serie A untuk Milan dalam empat tahun.

Mauri saat ini masih berusia 23 tahun. Gelandang Italia kelahiran Argentina itu masih punya banyak waktu membangkitkan kariernya, andai ada klub yang berminat menampungnya.