Liga Spanyol

Punya Skenario, Barcelona Telah Siapkan Pengganti Ernesto Valverde

Sabtu, 5 Oktober 2019 16:34 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Barcelona dikabarkan berminat dengan pelatih River Plate, Marcelo Gallardo, sebagai pilihan utama pengganti Ernesto Valverde. Copyright: © Getty Images
Barcelona dikabarkan berminat dengan pelatih River Plate, Marcelo Gallardo, sebagai pilihan utama pengganti Ernesto Valverde.

INDOSPORT.COMBarcelona telah memiliki rencana terkait penunjukan pelatih baru. Juara bertahan LaLiga Spanyol itu dikabarkan berminat dengan pelatih River Plate, Marcelo Gallardo, sebagai pilihan utama pengganti Ernesto Valverde.

Dilansir dari situs Football Espana, Gallardo menarik perhatian Barcelona usai membawa River Plate menjuarai Copa Libertadores musim lalu. Kala itu, River mengalahkan Boca Juniors dalam partai puncak yang dimainkan di Santiago Bernabeu.

Saat ini, River masih menempati posisi kedelapan klasemen sementara Liga Argentina. Namun, poin River hanya terpaut empat poin dari Boca Juniors yang menduduki posisi puncak. River sendiri musim ini berhasil menembus semifinal Copa Libertadores.

Namun, Gallardo masih terikat kontrak di River hingga 2021. Gallardo hanya akan direkrut jika Valverde meninggalkan Barcelona dalam waktu dekat. Valverde diperkirakan masih akan bertahan jika Blaugrana berhasil meraih hasil positif di sisa tahun ini.

Valverde sendiri banyak mendapat kritik tajam mengenai kepemimpinannya. Ia mulai disorot ketiga Barca kalah di babak semifinal Liga Champions 2018/19 dari Liverpool. Padahal, Lionel Messi dkk. sudah unggul tiga gol di leg pertama.

Kritik mengenai eks pelatih Athletic Bilbao itu tak berhenti sampai situ saja. Para suporter Barcelona gerah dengan start lamban tim kesayangannya pada musim 2019/20 ini. Saat ini, Barca berada di posisi keempat sementara di bawah Real dan Atletico Madrid.

Hasil buruk di Liga Champions dan LaLiga Spanyol tentu akan semakin menggoyahkan posisi Ernesto Valverde. Dalam beberapa laga ke depan, pihak manajemen Blaugrana bukan tak mungkin akan mendepak Valverde jika masih terseok-seok.