In-depth

Pasti ke 8 Besar, Ini Perjalanan Berliku Persita Tangerang Menuju Promosi ke Liga 1

Minggu, 6 Oktober 2019 19:10 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Sudah dipastikan ke 8 besar, ini perjalanan berliku Persita Tangerang menuju promosi ke Liga Copyright: © INDOSPORT
Sudah dipastikan ke 8 besar, ini perjalanan berliku Persita Tangerang menuju promosi ke Liga

INDOSPORT.COM - Salah satu klub legendaris speak bola Indonesia, Persita Tangerang nyatanya sudah memastikan diri lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 dan makin dekat promosi ke Liga 1.

Ya, mereka sudah mengamankan salah satu dari empat slot dari babak grup zona Barat Liga 2 2019 setelah menang 2-0 atas Cilegon United pada Kamis (03/10/19) kemarin.

Berkat kemenangan 2-0 atas Cilegon United, Persita Tangerang kini berada di puncak klasemen sementara Liga 2 2019 zona Barat dengan mengantongi total 40 poin.

Mereka dipastikan sudah lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 dengan melihat jumlah poin dari PSCS Cilacap di urutan keempat klasemen sementara zona Barat, yakni 33 poin. 

Dengan hanya tersisa dua pertandingan, selisih tujuh poin dari jumlah poin yang dimiliki Persita Tangerang tak akan terkejar. Klub berjuluk Pendekar Cisadane ini bahkan tak perlu lagi memenangkan dua laga tersisa.

Mereka sudah aman dan tak akan terkejar lagi oleh 5 tim di bawahnya yang masih bersaing untuk posisi empat besar agar lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

Menyikapi hasil pertandingan yang diperoleh saat kontra Cilegon United, pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro mengaku sangat bersyukur. Dia memuji para pemain yang telah bekerja keras dari awal hingga akhir.

"Kami patut bersyukur ya kami juga beruntung bisa menang atas Cilegon. Terima kasih pada pemain yang telah bekerja keras dan tentu suporter kami yang support terus dari awal hingga akhir pertandingan," ucap Widodo dilansir dari laman resmi Persita.

Setelah memastikan tiket ke babak 8 besar Liga 2 2019 dengan masih tersisa dua pertandingan, sangat menarik membahas perjalanan Persita Tangerang dari awal Liga 2 2019 zona Barat bergulir.

Perjalanan Berliku Persita Tangerang Menuju Liga 1

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Persita Tangerang Liga 2 2019. Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTProfil tim Persita Tangerang Liga 2 2019.

Persita Tangerang mengawali Liga 2 2019 zona Barat dengan bermain di kandang PSGC Ciamis pada tanggal 23 Juni 2019. Mereka berhasil menang tipis 1-0 atas PSGC, itu pun karena gol telat menit ke-90 dari Sirvi Arfani.

Tak butuh waktu lama, Persita langsung menelan kekalahan perdana mereka di musim ini saat bertamu ke markas PSCS Cilacap di laga kedua Liga 2 2019 zona Barat. Kalah 1-0, tentunya jadi pukulan berat untuk mereka.

Tapi Persita yang menunjuk Widodo Cahyono Putro sebelum Liga 2 2019 bergulir, langsung bangkit. Tiga pertandingan selanjutnya, menghadapi Persibat Batang, PSPS Riau dan Sriwijaya FC, semua disapu dengan kemenangan.

Tiga laga tersebut, mereka berhasil mencatat clean sheets dengan mencetak 11 gol. 4-0 kontra Persibat, 5-0 menjamu PSPS Riau dan Sriwijaya FC kalah 2-0 di kandang sendiri oleh Persita.

Persita Tangerang sempat memasuki masa kelam di pertengahan Liga 2 2019 zona Barat. Mereka tanpa kemenangan di empat pertandingan beruntun, saat menghadapi Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Perserang Serang dan Cilegon United.

Menghadapi dua klub dari Pulau Sumatera, Persiraja dan PSMS, Persita menelan kekalahan 1-0 secara beruntun. Sementara menghadapi Perserang dan Cilegon, hasil imbang beruntun harus puas menjadi milik mereka.

Persita sempat menang kembali di laga ke-10 Liga 2 2019 saat bertamu ke markas Babel United, di Stadion Dipati Amir Pangkal Pinang dengan skor akhir 1-0.

Tapi kembali ditahan imbang bahkan sampai 4-4 oleh Blitar Bandung United FC di kandang sendiri di laga ke-11. Sembilan pertandingan selanjutnya, Persita berhasil hanya kalah sekali, sekali imbang dan sisanya disapu kemenangan.

Hingga kini mereka berada di puncak klasemen sementara Liga 2 2019 zona Barat dengan total 40 poin. Sudah tak akan terlempar dari empat besar, Persita Tangerang kini akan kembali berjibaku di babak 8 besar Liga 2 2019.

Meski sudah pasti, Widodo ternyata tak mau sesumbar dan akan tetap meminta para pemainnya tampil total di dua laga tersisa Liga 2 2019 zona Barat.

"Kami akan bermain lepas untuk memenangkan pertandingan. Kita dari awal musim menganggap semua pertandingan adalah final, sampai tuntas. Itu yang jadi cita-cita kami, jadi kami akan tetap tampil maksimal," ucap Widodo.

Persita Tangerang akan menghadapi Babel United di laga lanjutan ke-21 pada Senin (07/10/19) besok sore dan Blitar Bandung United FC di laga terakhir Liga 2 2019 zona Barat, Kamis (17/10/19) pekan depan.