Liga Indonesia

Apa Kabar Yusrifar Jafar? Sayap Lincah Pemberi 2 Gelar Liga Indonesia untuk PSM

Senin, 7 Oktober 2019 13:25 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Suporter setia PSM Makassar pasti tidak akan asing jika mendengar nama Yusrifar Jafar Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Suporter setia PSM Makassar pasti tidak akan asing jika mendengar nama Yusrifar Jafar

INDOSPORT.COM - Suporter setia PSM Makassar pasti tidak asing jika mendengar nama Yusrifar Jafar. Dialah pemain sayap lincah yang ikut andil memberikan dua gelar Liga Indonesia untuk Pasukan Ramang.

Yusrifar mempersembahkan gelar Perserikatan 1991/92 dan Liga Indonesia 1999/00. Hebatnya, Bersama Ansar Abdullah (kiper), dia berlabel putra daerah yang menjadi pemain inti saat menyabet dua gelar juara tersebut.

Di Perserikatan 1991/92, Yus dan Ansar tampil sejak menit awal dalam partai final melawan PSMS Medan di Stadion Utama Senayan, Jakarta. Tampil 90 menit, keduanya membawa PSM Makassar keluar sebagai juara setelah memenangi laga dengan skor tipis 2-1.

Sementara saat Liga Indonesia 1999/00, Yus kembali tampil sebagai pemain inti pada laga final melawan PKT Bontang yang juga digelar Senayan.

Namun, pada laga final tersebut, Yusrifar Jafar tidak bermain bersama Ansar yang absen akibat cedera. Meski demikian, dia kembali mengantarkan Pasukan Ramang juara setelah menang dengan skor 3-2.

Dua trofi juara Liga Indonesia sepanjang kariernya ditambah sejumlah gelar lain hingga ke level internasional membuat Yusrifar Jafar tidak kuasa jauh dari dunia sepak bola pasca-gantung sepatu.

Selain aktif mengikuti kompetisi amatir alias tarkam, Yus juga aktif sebagai pelatih sepak bola. Tidak hanya tim amatir, dia juga pernah melatih Makassar United di Liga 3 2012 dan PSM Makassar U-21 periode 2016.