Liga Indonesia

Bambang Pamungkas Kenang Gelar Juara Liga Indonesia Pertama Persija Jakarta

Senin, 7 Oktober 2019 16:25 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tepat pada hari ini pada 18 tahun lalu, Persija Jakarta berhasil meraih gelar pertamanya di era Liga Indonesia. Pemain yang masih tersisa dari generasi emas 2001 tinggal Bambang Pamungkas.

Momen manis meraih gelar juara Liga Indonesia untuk kali pertama bersama Perija benar-benar membekas di benak Bambang Pamungkas. Melalui akun Instagram pribadinya, pemain yang akrab disapa Bepe itu membagikan momen tak terlupakan tersebut.

Bepe menunggah foto starting XI Persija pada saat melakoni pertandingan final Liga Indonesia edisi 2001. Tampak Mbeng Jean, Antonio Claudio, Luciano Leandro, Imran Nahumarury, serta Bambang Pamungkas sendiri bersama pemain-pemain lain tampil sejak menit pertama.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ~ Bambang Pamungkas ~ (@bepe20) on

Persija Jakarta meraih gelar juara Liga Indonesia VII tepat pada Minggu (7/10/01), 18 tahun silam. Pada laga puncak yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), mereka berhasil menundukkan PSM Makassar dengan skor 3-2.

Disaksikan sekitar 60.000 pasang mata yang memadati SUGBK, Persija unggul cepat melalui gol Imran Nahumarury ketika laga baru berjalan tiga menit. Di awal babak kedua, Macan Kemayoran menambah keunggulan melalui dua gol Bambang Pamungkas pada menit ke-42 dan 47.

Tertinggal tiga gol, PSM Makassar tetap bermain ngotot di sisa laga. Juku Eja kemudian menipiskan skor melalui gol penalti Miro Baldo Bento pada menit ke-65.

Kurniawan Dwi Yulianto sempat memberi asa bagi PSM Makassar lewat golnya pada menit ke-80. Namun sayang, setelah itu Juku Eja gagal menambah gol lagi.

Persija Jakarta pun tampil sebagai juara setelah mengalahkan PSM Makassar dengan skor akhir 3-2. Gelar juara yang diraih Macan Kemayoran waktu itu semakin lengkap karena sang penyerang utama Bambang Pamungkas dinobatkan sebagai pemain terbaik.