Liga Italia

Spalletti dan Deretan Eks Pelatih Inter Milan yang Bisa Gantikan Marco Giampaolo di AC Milan

Selasa, 8 Oktober 2019 06:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Luciano Spalletti dan sejumlah nama top eks Inter Milan, sepertinya bisa menjadi pilihan apik untuk mengisi kursi kepelatihan AC Milan. Copyright: © INDOSPORT
Luciano Spalletti dan sejumlah nama top eks Inter Milan, sepertinya bisa menjadi pilihan apik untuk mengisi kursi kepelatihan AC Milan.

INDOSPORT. COM - Luciano Spalletti dan sejumlah nama top eks Inter Milan, sepertinya bisa menjadi pilihan apik untuk mengisi kursi kepelatihan AC Milan.

Isu pergantian pelatih belakangan memang sedang begitu menghiasi AC Milan. Manajemen I Rossoneri kabarnya tak puas dengan kinerja juru taktiknya saat ini, Marco Giampaolo.

Walau di laga terakhir kontra Genoa mampu meraih kemenangan, kiprah Giampaolo selama membesut AC Milan memang kurang mengesankan. Buktinya dalam tujuh pertandingan Serie A Italia, AC Milan sudah menderita empat kekalahan, dan hanya meraih tiga kemenangan.

Luciano Spalletti lantas jadi nama terdepan yang diincar. Sosok Spalletti yang musim lalu berhasil mengantarkan tim tetangga, Inter Milan, lolos ke Liga Champions, diyakini bisa segera membawa AC Milan menuju kebangkitan.

Bahkan manajemen AC Milan sudah menyiapkan dana segar tersendiri. AC Milan kabarnya bersedia menebus sisa kontrak Spalletti bersama Inter Milan yang ternyata masih berlaku.

Soal reputasi, Spalletti sudah memiliki jam terbang tinggi di kancah sepak bola Italia. Spalletti pernah membesut tim-tim ternama, seperti AS Roma, Udinese, dan Sampdoria.

Kalau ditelaah lebih jauh, sebenarnya ada beberapa nama top eks Inter Milan lainnya yang juga bisa dikaitkan dengan AC Milan. Nama-nama yang dimaksudkan pun terbilang memiliki prestasi lebih menawan ketimbang Spalletti.

Claudio Ranieri

© Getty Images
Pelatih baru AS Roma, Claudio Ranieri. Copyright: Getty ImagesClaudio Ranieri.

Nama pertama yang mungkin cocok pula untuk tangani AC Milan ialah Claudio Ranieri. Sosoknya pada musim 2011/12 diketahui memang pernah membesut Inter Milan.

Ranieri sendiri sebagai seorang pelatih punya reputasi menjanjikan. Musim 2015/16 lalu bukti nyatanya, Ranieri sukses mengantarkan tim tanpa bintang seperti Leicester City, menjuarai gelaran Liga Inggris.

Andai menangani AC Milan, kisah keajaiban Ranieri mungkin saja terulang. Toh, Ranieri kini juga masih belum memunyai klub, sehingga peluang baginya melatih AC Milan terbuka lebar.

Namun AC Milan tetap perlu berpikir cermat lagi terkait nama Ranieri. Pasalnya Ranieri di kancah sepak bola Italia punya catatan yang kurang mengesankan.

Kala menangani Inter Milan saja, Ranieri tak bisa banyak menuai kesuksesan. Ranieri hanya mampu meraih 16 kemenangan, lima imbang, serta 13 kekalahan, dari 34 laga yang dimainkan.

Jose Mourinho

© Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur. Copyright: Getty ImagesJose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur.

Beralih ke nama selanjutnya yang terlihat punya reputasi lebih menjanjikan, yakni Jose Mourinho. Ya, kualitas Mourinho dalam meracik strategi memang sangat tenar di kancah sepak bola internasional.

Sejumlah tim hebat Eropa pernah dibesutnya, mulai dari FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, hingga Manchester United. Khusus di Inter Milan, Mourinho mampu memberikan sukses besar.

Tepat pada musim 2009/10, tangan dingin Mourinho sukses mengantarkan Inter Milan meraih tiga gelar sekaligus, Serie A Italia, Coppa Italia, dan juga Liga Champions. Perlu dicatat pula, torehan itu menjadikan Inter Milan sebagai klub pertama yang meraih treble winner.

Mourinho sendiri kini sedang tak memiliki klub, usai didepak Manchester United pada 2018/19 lalu. Andai mendapat penawaran yang tepat, bukan mustahil Mourinho akan mengisi kursi kepelatihan AC Milan.

Begitulah kurang lebih nama-nama top mantar Inter Milan yang bisa dikontrak AC Milan. Tinggal ditunggu saja bagaimana kelanjutan kebijakan manajemen klub, mendepak Giampaolo?