Bola Internasional

Bukan Messi atau Ronaldo, Ini Pemain yang Paling Jago Dribel Bola

Rabu, 9 Oktober 2019 02:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Vi-Images/MARCO BERTORELLO/GettyImages
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona (kiri) dan pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo Copyright: © Vi-Images/MARCO BERTORELLO/GettyImages
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona (kiri) dan pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo

INDOSPORT. COM - Membahas soal pemain yang paling jago dalam teknik menggiring bola, publik pasti akan mengaitkannya kepada dua nama, yakni Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Namun anggapan tersebut sepertinya tak berlaku pada musim 2019/2020.

Whoscored telah merilis tiga nama pemain yang memiliki tingkat kesuksesan dribble paling tinggi di lima liga top Eropa musim ini. Dalam daftar yang dirilis, tak tertera satupun nama Messi dari Barcelona atau Ronaldo dari Real Madrid.

Pemain yang memiliki nilai paling tinggi ialah gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti. Menurut Whoscored, tingkat kesuksesan dribel Verratti musim ini mencapai angka 88,9 persen.

Sementara itu, pada urutan kedua diisi oleh pemain tengah milik Chelsea, Mateo Kovacic. Gelandang asal Kroasia itu mencatatkan presentase kesuksesan dribel  88,2 persen.

Terakhir, nama yang menghiasi daftar pemain paling jago dribel adalah Florian Neuhaus. Gelandang milik Borussia Mönchengladbach memiliki tingkat kesuksesan dribel sebesar 84,2 persen.

Sungguh menarik memang data yang dihimpun Whoscored tadi. Para pemain yang memiliki tingkat kesuksesan dribel tinggi justru kesemuanya berasal dari posisi gelandang tengah.

Padahal biasanya pemain yang berposisi sebagai winger lebih banyak melakukan gerakan menggiring bola melewati lawan. 

Apalagi nama tenar seperti Messi dan Ronaldo yang kerap bergerak dari sektor sayap, telah lama terkenal dengan kualitas teknik menggiring bolanya.

Mungkin data rilisan tersebut menjadi pertanda kalau kini sepak bola modern telah mengalami perkembangan lagi pada sistem permainannya. 

Pemain tengah bukan lagi hanya sebagai pengatur irama permainan, tapi juga menjadi sosok yang handal dalam melakukan dribel. Bahkan seorang gelandang tengah, bukan penyerang top seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%