Liga Italia

Stefano Pioli Akan Jadi Pelatih Kedelapan yang Latih AC Milan dan Inter

Rabu, 9 Oktober 2019 10:01 WIB
Penulis: Ayudya Ratna | Editor: Isman Fadil
© Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina. Copyright: © Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina.

INDOSPORT.COM - Stefano Pioli menjadi pelatih kedelapan yang menukangi dua rival sekota, AC Milan dan Internazional setelah menggantikan Marco Giampaolo yang dipecat Rossoneri.

Giampaolo akhirnya dipecat oleh AC Milan menyusl rentetan hasil buruk yang dialami Suso cs dalam tujuh laga awal di Seria A 2019/20. Peraih 18 scudetto itu kini menempati posisi 13 klasemen sementara.

Walaupun belum secara resmi diumumkan, AC Milan langsung menunjuk mantan pelatih Fiorentina, Stefano Pioli untuk menjadi suksesor Giampaolo. Ternyata Pioli pernah menjadi allenatore rival abadi AC Milan, Internazionale pada 2016-2017.

Ini berarti menjadikan Pioli pelatih kedelapan yang pernah menukangi Milan dan Inter. Yang pertama kali melakukan ini adalah Jozsef Viola yang mengarsiteki Inter pada 1928 dan berpindah ke AC Milan pada 1933.

Giuseppe Bigogno menjadi pelatih kedua yang pernah melatih Milan dan Inter. Uniknya, dalam musim 1958, ia menjadi juru taktik AC Milan di paruh pertama lalu pindah ke Inter di paruh musim kedua.

Pelatih yang ketiga adalah Gigi Radice. Ia dipecat AC Milan pada akhir musim 1982 setelah gagal memenuhi ekspetasi, namun saat melatih Inter di musim selanjutnya ia malah menuai banyak kesuksesan.

Penganti Gigi Radice di AC Milan adalah Ilario Castagner. Berkutat di Serie B pada musim 1983, Castagner akhirnya pindah ke Inter Milan di musim berikutnya.

Pelatih yang kelima adalah Giovanni Trapattoni. Mantan pemain AC Milan di medio 1959-1972 itu mengabdi untuk menjadi pelatih di klub yang membesarkan namanya pada 1974. Di 1986 ia pindah ke Inter Milan dan berhasil memecahkan beberapa rekor Serie A.

Alberto Zaccheroni menjadi pelatih keenam. Ia menukangi AC Milan pada 1998-2001 dan berhasil mempersembahkan scudetto di musim 1998/99. Pindah ke Inter pada 2003, pelatih yang saat ini menangani timnas Jepang itu hanya mengabdi selama satu musim. 

Pelatih ketujuh adalah Leonardo de Araujo. Musim 2009-10, pria yang kini menjabat direktur teknis Paris Saint-Germain (PSG) itu menjadi pelatih di AC Milan. Semusim kemudian ia hijrah ke Inter Milan dan berhasil mempeesembahkan Piala Coppa Italia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%