Liga Inggris

Bukan Mo Salah atau Van Dijk, Ini Bintang Liverpool yang Paling Berpengaruh Musim Ini

Kamis, 10 Oktober 2019 11:49 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/Getty Images
Liverpool memiliki banyak pemain dengan kontribusi besar musim ini. Michael Regan/Getty Images. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Liverpool memiliki banyak pemain dengan kontribusi besar musim ini. Michael Regan/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Performa apik Liverpool pada awal musim Liga Inggris 2019-2020 tidak lepas dari kontribusi para pemainnya. Menurut penilaian individu, ada satu pemain yang dianggap paling berpengaruh.

Akan tetapi, ia bukan pemain yang kerap menjadi mesin gol seperti Mohamed Salah ataupun Sadio Mane. Pemain ini juga bukanlah Virgil van Dijk yang dianggap sebagai batas pertahanan terakhir Liverpool.

Menurut versi Liverpool Echo, pemain yang dianggap paling berpengaruh musim ini ialah Roberto Firmino. Ia meraih nilai tertinggi yakni 7,42 dibandingkan Virgil van Dijk yang hanya mampu meraih 7,25 atau Mohamed Salah yang hanya mampu meraih nilai 7.

Berdasarkan penilaian statistik, Firmino memang lebih berpengaruh soal urusan menyuplai bantuan untuk para rekannya. Dari 12 pertandingan, pemain Timnas Brasil tersebut telah memberikan tujuh assist dan menyumbang tiga gol.

Pemain berusia 28 tahun ini berhasil menjadi kunci penting rekor sempurna The Reds di Liga Inggris awal musim ini. Namun peran paling mengesankan, ketika ia memberi tiga assist saat Liverpool menang 4-3 atas RB Salzburg di Liga Champions, Kamis (03/10/19) lalu.

Penilaian ini sendiri dibuat berdasarkan rata-rata performa para pemain dalam lima penampilan terakhir terhitung dalam waktu 15 menit ketika berada di lapangan.

Selain berdasarkan penilaian itu, eks pelatih legendaris Arsenal, Arsene Wenger, pun juga memiliki pendapat nyaris serupa. Wenger berpendapat, sosok Roberto Firmino mirip Luis Suarez yang kerap memberi bantuan ke Lionel Messi ketika di Barcelona.

Terlepas dari itu, berkat kinerja Firmino dan kawan-kawan, Liverpool kini mendominasi ajang kompetisi Liga Inggris. Skuat Jurgen Klopp berhasil menduduki posisi puncak klasemen sementara dengan 24 poin sempurna dari delapan laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%