Bola Internasional

Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kamis, 10 Oktober 2019 17:28 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia harus emmpersiapkan starting XI terbaik jelang pertandingan melawan Uni Emirat Arab (UEA) Kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (10/10/19).

Nantinya, anak asuh Simon McMenemy tersebut bakal menghadapi Uni Emirat Arab di Stadion Al Maktoum pada pertandingan ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia sendiri wajib menorehkan poin penuh dalam dua pertandingan tersebut, untuk tetap bisa menjaga peluang lolos dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua ini.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia telah menelan dua kekalahan beruntun atas Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3) di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Situasi ini memaksa pelatih Simon McMenemy untuk mencari formula dalam starting XI terbaik Timnas Indonesia secepat mungkin.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk meracik starting XI terbaik Timnas Indonesia jelang menghadapi UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kiper: Wawan Hendrawan

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wawan Hendrawan dalani TC pertama bersama Timnas Indonesia Senior di GBK. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWawan Hendrawan dalani TC pertama bersama Timnas Indonesia Senior di GBK.

Wawan Hendrawan telah menampilkan performa apik bersama Bali United di Liga 1 2019. Ia mampu menjadikan Bali United sebagai klub yang paling sedikit kebobolan sejauh musim ini.

Saat ini Wawan Hendrawan hanya kebobolan 12 gol dan mencatatkan clean sheets 9 kali dari 19 pertandingan. Catatan itu membuatnya patut dicoba untuk menjaga gawang Tim Garuda.

Bek: Gavin Kwan Adsit, Hansamu, Yanto Basna, Abduh Lestaluhu

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Duel udara Hansamu Yama bersama pemain Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTDuel udara Hansamu Yama bersama pemain Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Nama Gavin Kwan Adsit sudah tidak asing bagi Timnas Indonesia. Dirinya sempat beberapa kali dipercaya tampil bersama skuat senior beberapa tahun lalu.

Ia pantas mengisi posisi bek kanan di Timnas Indonesia. Meski baru bergabung ke skuat, akan tetapi kapasitasnya untuk mengisi lini pertahanan sudah tak diragukan lagi.

Sedangkan Hansamu Yama dan Yanto Basna masih cocok menjaga lini tengah pertahanan Timnas Indonesia. Dua pemain itu cukup kompeten dalam menghalau serangan lawan.

Sedangkan posisi bek kiri, Simon bisa kembali memasukkan nama pemain yang cukup berperan penting di Piala AFF 2016 lalu, yakni Abduh Lestaluhu.

Tengah: Manahati Lestusen, Evan Dimas

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Manahati Lestusen. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTManahati Lestusen saat menjalani sesi latihan bersama Timnas Indonesia.

Dua gelandang yang diprediksi untuk menyeimbangkan permainan Timnas Indonesia adalah Manahati Lestusen dan Evan Dimas Darmono.

Dua gelandang ini sudah cukup sering bekerja sama di lini tengah Timnas Indonesia, tepatnya pada Piala AFF 2016 lalu.

Meskipun pelatih Alfred Riedl saat itu lebih sering memainkan Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly di lini tengah, akan tetapi spirit yang dihadrikan Manahati dan Evan Dimas begitu terasa.

Duet Manahati dan Evan Dimas pun bisa menjadi senjata untuk meredam sejumlah serangan UEA yang datang dari tengah lapangan.

Tengah: Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani ikut jalani TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSaddil Ramdani ikut jalani TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Lini serang Timnas Indonesia cukup berjalan baik saat menghadapi Malaysia di laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Saat itu, hanya Stefano Lilipaly yang gagal menampilkan permainan sempurna. Meski begitu, pemain naturalisasi itu masih punya daya magis yang mampu menambah kepercayaan diri tim.

Sedangkan dua pemain sayap Timnas Indonesia bakal diisi oleh Saddil Ramdani dan Andik Vermansah. Dua winger itu mampu merepotkan pertahanan lawan dan membuka ruang untuk mencari gol.

Depan: Beto Goncalves

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves saat mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBeto Goncalves saat mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Beto Goncalves jelas menjadi satu-satunya penyerang yang pantas mengisi posisi depan di Timnas Indonesia. Meski usianya sudah terbilang tua, namun kualitasnya masih sangat apik.

Dirinya telah menjadi mesin gol Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sejauh ini ia telah mengumpulkan dua gol dari dua pertandingan.

© Grafis: Yanto/Indosport.com
Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: Grafis: Yanto/Indosport.comPerkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022.