Bola Internasional

Jadi Ancaman Timnas Indonesia, Ini 3 Fakta Menarik Striker UEA Ali Mabkhout

Kamis, 10 Oktober 2019 14:34 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Yahoo News India
Striker Timnas Uni Emirat Arab (UEA) Ali Mabkhout. Copyright: © Yahoo News India
Striker Timnas Uni Emirat Arab (UEA) Ali Mabkhout.

INDOSPORT.COM - Striker Uni Emirat Arab (UEA) Ali Mabkhout menjadi salah satu ancaman bagi Timnas Indonesia kali ini dan berikut 3 fakta menarik sang pemain.

Timnas Indonesia akan bertandang ke markas UEA untuk melakoni laga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, pukul 23.00 WIB atau pukul 20.00 waktu setempat.

Kepala pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy menuturkan kalau dirinya akan mengerahkan segalanya untuk bisa meraih hasil paling baik.

"Kami selalu mencoba positif dengan apa yang kami miliki dan memastikan punya senjata untuk melawan UEA," ucap Simon dalam konferensi pers, Rabu (09/10/19).

Namun Simon meminta anak asuhnya untuk terus fokus. Sebab baginya, UEA bukan tim sembarangan karena memiliki tim dan pelatih yang mumpuni.

© thenational.ae
Top Liga Uni Emirate Arab, Ali Mabkhout. Copyright: thenational.aeTop Liga Uni Emirate Arab, Ali Mabkhout.

Bukan tanpa sebab Simon menuturkan hal tersebut, karena UEA mampu tak terkalahkan sejak 21 Maret 2019 silam usai mempecundangi Arab Saudi dengan skor 2-1.

Dalam kemenangan tersebut tak lepas dari peran striker andalan UEA, yakni Ali Mabkhout. Sang penyerang juga mencetak trigol (hattrick) ketika mengalahkan Sri Langka, 5-1 (uji coba).

Terakhir Ali Mabkhout membuat dwigol (brace) kala mengalahkan Malaysia dengan skor 2-1 di laga perdana mereka Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Sehingga mental dan ketajamannya begitu berbahaya di area kotak penalti lawan. Hal tersebut bisa menjadi ancaman tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk sedikit mengetahui fakta-fakta menarik yang dimiliki oleh striker andalan UEA Ali Mabkhout.

1. Bakal Pecahkan Rekor

© The National
Striker UEA Ali Mabkhout. Copyright: The NationalStriker UEA Ali Mabkhout (kiri).

Di usia 28 tahun, Ali Mabkhout telah menjadi ujung tombak andalan UEA. Dia telah mencatatkan 51 gol bersama UEA selama 80 laga yang dijalani.

Ali Makbhout hanya butuh satu gol lagi untuk menjadi top skor sepanjang masa UEA. Saat ini, rekor tersebut masih dipegang oleh Adnan Al Talyani.

Striker yang telah pensiun sejak 1997 silam ini membuat 52 gol dengan 161 penampilan (1983-1997). Andai Ali mencetak dua gol, maka dia telah melampaui pendahulunya.

2. Duet Maut Eks AC Milan

© calcioweb.eu
Eks AC Milan Ricardo Oliveira (kiri). Copyright: calcioweb.euEks AC Milan Ricardo Oliveira (kiri).

Ali Mabkhout merupakan tandem terbaik dari eks striker AC Milan, Ricardo Oliveira saat bergabung di Al Jazira pada musim 2009 sampai 2014.

Keduanya menjadi tandem berbahaya lantaran Ali Mabkhout sukses membuat 10 gol dan Oliveira mencetak 12 gol di Liga UEA musim 2012-2013.

Duet tersebut membuat kemampuan Ali Mabkhout semakin meningkat. Karena talenta berusia 21 tahun kala itu mendapat banyak pelajaran dari Oliveira (32 tahun saat itu).

3. Pemilik Rekor Dunia

© thenational.ae
Top Liga Uni Emirate Arab, Ali Mabkhout. Copyright: thenational.aeTop Liga Uni Emirate Arab, Ali Mabkhout.

Ali Mabkhout merupakan pemilik rekor dunia yang tercantum dalam Guinness Book of Records. Hal itu terjadi kala membela Timnas UEA di Piala Asia 2015 silam.

Hal itu terjadi ketika UEA vs Bahrain, dimana Ali Mabkhout mampu mencetak gol hanya 14 detik sejak awal pertandingan dimulai atau saat wasit meniup peluit tanda dimulainya laga.

Pasca laga Ali Mabkhout mengaku kalau dirinya sangat senang dengan hasil ini. Sebab semua yang dibuatnya berkat pertolongan tuhan.

"Saya tidak pernah berpikir bahwa bisa melakukan rekor tersebut," kata Ali Mabkhout dikutip laman resmi FIFA, 2015 silam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%