Liga Indonesia

Viral Gara-gara Dianggap Tak Sopan, Politikus Arteria Dahlan Punya Jejak di Sepak Bola Indonesia

Kamis, 10 Oktober 2019 08:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Tribunnews
Politikus PDIP, Arteria Dahlan. Copyright: © Tribunnews
Politikus PDIP, Arteria Dahlan.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka, politikus PDIP Arteria Dahlan ternyata pernah berkecimpung di dunia sepak bola nasional, tepatnya pada tubuh PSSI.

Arteria Dahlan saat ini tengah viral atau menjadi buah bibir pasca hadir menjadi narasumber dalam program acara Mata Najwa yang bertema 'Ragu-ragu Perpu KPK'.

Pada acara tersebut, Arteria Dahlan tampil begitu berapi-api dalam menyampaikan argumennya ketika membahas 'Ragu-ragu Perpu KPK'. Sebagian menilai aksi Arteria yang kerap memotong pembicaraan narasumber lain yang hadir dalam acara tersebut.

Arteria bahkan  menunjuk-nunjuk Profesor Emir Salim yang notabene mantan menteri saat berargumen. Sontak aksinya tersebut langsung mendapat banyak cibiran netizen di media sosial.

Hal itulah yang membuar Arteria Dahlan menjadi bahan perbincangan publik, khususnya di dunia maya baik itu di Twitter, Facebook, atau Instagram.

Di Twitter saja, nama Arteria Dahlan kerap didengungkan hingga 23,1 ribu tweet. Jumlah tersebut masih bisa bertambah hingga berita ini ditayangkan.

Kendati begitu ternyata ada sisi lain tentang perjalanan karier politik Arteria Dahlan. Pasalnya Arteria Dahlan sempat berkecimpung di dunia olahraga Tanah Air.

Hal tersebut dapat diketahui lewat dokumen di laman resmi DPR dan KPU. Dimana tertera jelas bagaimana riwayat organisasi yang pernah dijalani Arteria Dahlan.

Dalam laporan-laporan tersebut Arteria Dahlan pernah menjadi Sekretaris Jenderal PB Persatuan Squash Indonesia (Sekjen PB PSI) periode 2004-2009.

© Fajar
Politikus PDIP, Arteria Dahlan. Copyright: FajarPolitikus PDIP, Arteria Dahlan.

Kemudian pria kelahiran Jakarta 44 tahun silam ini pernah menjadi Anggota Departemen Pemuda dan Olahraga DPP PDI Perjuangan pada 2005-2010.

Lalu Arteria Dahlan sempat menjabat sebagai Kuasa Hukum PSSI dan diperbantukan dalam Tim Legal Sekretariat PSSI selama empat tahun (2006-2009).

Pada 2009-2011, Arteria Dahlan juga pernah menjabat sebagai Anggota Komite Banding PSSI. Lalu di 2011, dia juga sempat menjadi Anggota Komite Pemilihan PSSI.

Tak hanya itu saja, di tahun yang sama, Arteria Dahlan menduduki posisi sebagai Legal Advisor Komite Normalisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Ada sisi menarik lainnya dalam dokumen Daftar Riwayat Hidup Bakal Calon Anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/DPRD Kota milik KPU, 29 Maret 2013.

Arteria Dahlan tertulis pernah menjadi Kuasa Hukum Klub Persija Jakarta. Tetapi tidak diketahui sejak hingga sampai kapan dirinya menjabat.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
83%