Liga Indonesia

Semoga Terulang! Momen Ketika Timnas Indonesia Membantai Uni Emirat Arab

Kamis, 10 Oktober 2019 13:46 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Uni Emirate Arab vs Indonesia. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Uni Emirate Arab vs Indonesia.

INDOSPORT.COM – Mission impossible tengah diemban oleh Timnas Indonesia tatkala jumpa Uni Emirat Arab, namun ternyata mereka sebenarnya pernah membantai raksasa Timur Tengah itu.

Timnas Indonesia tengah dihadapkan pada misi meraih kemenangan di kandang Uni Emirat Arab. Jelas bukan pekerjaan mudah bagi skuat asuhan Simon McMenemy, mengingat dua laga sebelumnya saja Timnas Indonesia kalah dari Malaysia dan Thailand.

Sedangkan Uni Emirat Arab adalah tim yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia. Diperkuat sosok ‘Messi’ dalam diri Omar Abdulrahman dan dilatih oleh finalis Piala Dunia, Bert van Marwijk membuat Uni Emirat Arab begitu menakutkan.

Melihat fakta tersebut jelas Timnas Indonesia berada dalam kondisi inferior di hadapan Uni Emirat Arab. Tapi tunggu dulu, ternyata Timnas Indonesia pernah membantai Uni Emirat Arab, seperti apa ceritanya?

Piala Merdeka 1981

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada ajang bergengsi Piala Merdeka 1981 di mana itu menjadi pertemuan pertama sepanjang sejarah antara Timnas Indonesia dengan Uni Emirat Arab. Tepat 2 September 1981 di Malaysia, Timnas Indonesia berhasil membantai Uni Emirat Arab, 5-2.

Sayang pada ajang itu, langkah Timnas Indonesia terhenti di fase grup meski menang telak atas Uni Emirat Arab. Hasil imbang dengan Selandia Baru yang diikuti kekalahan dari Malaysia, Jepang dan India menghentikan perjalanan Timnas Indonesia di Piala Merdeka 1981.

Asian Games 1986

Memang di ajang Asian Games 1986, Timnas Indonesia tidak lagi mampu membantai Uni Emirat Arab seperti yang terjadi pada Piala Merdeka 1981. Tapi, di laga ini menjadi kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia bertemu dengan Uni Emirat Arab di fase perempatfinal Asian Games 1986. Bertanding di Seoul, Korea Selatan, Ricky Yacobi berhasil mencetak gol penyama kedudukan yang membuat laga Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab dilanjutkan ke extra time.

Uni Emirat Arab sempat kembali unggul 2-1, tapi Jaya Hartono kembali mengembalikan harapan Timnas Indonesia. Hingga akhirnya Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab melalu adu penalti, 4-3.

Sayang Timnas Indonesia hanya menjadi semifinalis Asian Games 1986 usai kalah dari Korea Selatan (0-4) dan Kuwait (0-5) dalam perebutan tempat ketiga. Dengan demikian Timnas Indonesia pernah mengalahkan Uni Emirat Arab, mungkinkah bakal terjadi lagi?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%