Bola Internasional

5 Fakta Warnai Kekalahan Timnas Indonesia Dari UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jumat, 11 Oktober 2019 07:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© AFC
Andik Vermansah (kanan) tengah berebut bola dengan Ali Salmeen (kiri) pada laga UEA vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/19). Copyright: © AFC
Andik Vermansah (kanan) tengah berebut bola dengan Ali Salmeen (kiri) pada laga UEA vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/19).

INDOSPORT.COM - Terdapat 5 fakta mewarnai hasil kekalahan Timnas Indonesia dari UEA dengan skor 0-5 di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/19) malam.

Pertandingan UEA vs Timnas Indonesia telah berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai. Hasil memilukan kembali dialami oleh anak asuh kepala pelatih Simon McMenemy.

Pada pertandingan ketiga Grup G, gawang Timnas Indonesia di bobol oleh Khalil Ibrahim (41'), Ali Mabkhout (51', 63' [P], 72'), dan Tareq Ahmed (90+3').

Kekalahan ini membuat Simon turut buka suara. Dirinya menilai kalau sulit menghadapi tim bagus karena UEA lebih siap, matang, dan kondisi 100 persen.

"Kondisi pemain kami tidak 100 persen, karena kami harus mempersiapkan tim sebaik mungkin dalam waktu yang cukup singkat," ucap Simon pasca laga.

Simon turut menambahkan bakal tetap memotivasi anak asuhnya agar bisa segera bangkit di pertandingan berikutnya melawan Vietnam nanti.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia berada di urutan terbawah tanpa poin. Sedangkan UEA bertengger di posisi puncak dengan enam angka.

Melihat kekalahan barusan, ternyata ada sedikit fakta yang mewarnai jalannya pertandingan UEA vs Timnas Indonesia. Berikut data tersebut.

1. Top Skor UEA

© thenational.ae
Top Liga Uni Emirate Arab, Ali Mabkhout. Copyright: thenational.aeTop Liga Uni Emirate Arab, Ali Mabkhout.

Striker andalan UEA Ali Mabkhout sukses menciptakan rekor untuk negaranya. Sebab dirinya telah menahbiskan diri menjadi top skor sepanjang masa.

Tiga gol ke gawang Timnas Indonesia membuat Ali Mabkhout mengoleksi 54 gol. Dirinya melampaui catatan legenda UEA Adnan Al Talyani (52 gol).

2. Kebobolan Terbanyak

© INDOSPORT
Timnas Indonesia. Copyright: INDOSPORTTimnas Indonesia.

Tak hanya itu, kekalahan 0-5 ini juga membuat Timnas Indonesia mengalami kebobolan terbanyak kala mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebelumnya Timnas Indonesia kebobolan 0-3 dari Thailand dan 2-3 atas Malaysia. Total gawang Skuat Garuda telah kemasukan sebanyak 11 kali.

3. Debut Tercoreng

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wawan Hendrawan dalani TC pertama bersama Timnas Indonesia Senior di GBK. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWawan Hendrawan jalani TC pertama bersama Timnas Indonesia Senior di GBK.

Kemudian ada dua pemain Timnas Indonesia yang menjalani debut perdana di pertandingan resmi, yakni kiper Wawan Hendrawan dan striker Dendi Santoso.

Akan tetapi debut keduanya tercoreng usai kandas dari UEA. Wawan Hendrawan kemasukan 0-5, sedangkan Dendi Santoso tak bisa berbuat banyak untuk mencetak gol.

4. Perpanjang Kekalahan

© Media PSSI
Dendi Santoso saat mengontrol bola di laga melawan Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia. Copyright: Media PSSIDendi Santoso saat mengontrol bola di laga melawan Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia.

Lebih lanjut, Timnas Indonesia memperpanjang nafas kekalahan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga pertandingan ketiga.

Sebab Timnas Indonesia belum pernah menang sejauh ini. Stefano Lilipaly dan kolega kandas dari Malaysia (2-3), Thailand (0-3), dan UEA (0-5).

5. Kalah Head-to-Head

© www.foxsportsasia.com
Timnas UEA Copyright: www.foxsportsasia.comTimnas UEA.

Fakta terakhir ialah, Timnas Indonesia mengalami kekalahan atas hasil pertemuan (head-to-head) dari UEA, sejak pertemuan pertama pada 1981 silam, dikutip 11v11.

Total UEA sukses menang tiga kali dari lima kali berjumpa Timnas Indonesia. Kemenangan pertama UEA diraih ketika ikut Merdeka Tournament 1982 dengan skor 2-1.

Lalu UEA menang 2-0 dari Timnas Indonesia di AFC Asian Cup 1996. Kini UEA bisa menang 5-0 dari Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.