Liga Inggris

Efek Domino Pemecatan Solskjaer: Tukar Guling 2 Raksasa Inggris

Sabtu, 12 Oktober 2019 20:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© premierleague
Ole Gunnar Solskjaer ucapkan terima kasih kepada suporter di tribun. Copyright: © premierleague
Ole Gunnar Solskjaer ucapkan terima kasih kepada suporter di tribun.

INDOSPORT.COM - Pemecatan Solskjaer dari kursi kepelatihan Manchester United bisa menimbulkan efek domino yang melibatkan klub raksasa Inggris lainnya. 

Awan gelap tengah menaungi klub Manchester United. Raksasa Inggris itu tengah dalam salah satu titik terendah dalam sejarah klub. 

Kekalahan 1-0 atas Newcastle United pada Minggu (06/10/19) memperpanjang rekor tak pernah menang mereka di 8 laga tandang beruntun Liga Inggris sekaligus menenggelamkan klub di posisi 12 klasemen. 

Dari 8 laga, Man United cuma meraih 9 poin hasil 2 kali menang, 3 seri, dan 3 kalah. Ini adalah raihan poin terendah mereka dari 8 pertandingan awal liga sejak musim 1989-1990. 

Kejatuhan Manchester United dinilai sudah keterlaluan bagi para fans dan publik sepak bola. Gayung bersambut, manajemen pun dikabarkan serius untuk segera mencari pengganti Solskjaer. 

Kabar pemecatan semakin santer tersiar. Sejumlah nama bahkan sudah muncul ke permukaan. 

Efek Domino

Pemecatan Solskjaer bukanlah hal remeh. Tak hanya soal klub sebesar Manchester United, pemecatan Solskjaer bisa memicu efek domino. 

Ya, kepergian Solskjaer bisa memberikan perubahan besar kepada dua klub raksasa Inggris sekaligus. 

Sejumlah media melaporkan Man United tengah mempertimbangkan sejumlah nama. Salah satu yang paling santer adalah nama pelatih Tottenham Hotspur, Mauro Pochettino

Posisi Pochettino di Spurs sendiri tengah digoyang menyusul hasil minor yang diraih di Liga Inggris. Skuat The Lilywhites terdampar di posisi sembilan klasemen Liga Inggris. 

Pelatih 47 tahun itu dinilai jadi profil yang tepat untuk mengangkat performa Man United. Dilansir dari The Guardian, manajemen Setan Merah dikabarkan bakal segera mengajukan tawaran ketika Pochettino resmi kehilangan jabatannya di Spurs. 

Menariknya, isu pemecetan Pochettino menyeret nama pelatih beken asal Portugal, Jose Mourinho. Yang menjadi menarik adalah, Jose Mourinho merupakan eks pelatih Manchester United sebelum era Solskjaer. 

The Special One dikabarkan bakal merapat ke Tottenham Hotspur. Jika skenario ini benar, maka bisa dibilang terjadi 'tukar guling' secara tidak langsung antara Manchester United dan Tottenham Hotspur. 

Jose Mourinho yang notabene eks Man United akan pindah ke Tottenham Hotspur, sementara Mauro Pochettino mengisi jabatan yang ditinggalkan Solskjaer di Man United. 

Tentu saja efek domino yang dihasilkan dari pemecatan Solskjaer tak sebatas ini saja. Ada kemungkinan lain karena cukup banyak nama-nama pelatih lain yang dikatikan dengan Manchester United seperti Julian Nagelsmann (RB Leipzig), Massimiliano Allegri (eks Juve), sampai Laurent Blanc.